Catat, Siapkan 3 Hal Penting Ini Agar Mudik Jadi Nyaman

Ilustrasi beli tiket pesawat untuk mudik
Sumber :
  • Kredivo

VIVA Lifestyle – Meski Hari Raya Idul Fitri 1444 H masih tiga pekan lagi. Namun sejumlah masyarakat di Tanah Air sudah mulai mempersiapkan perjalanan mudik.

Gasak Harta Majikan Saat Mudik Lebaran, Pria di Tangerang Ditangkap Polisi

Ya bukan tanpa sebab tahun ini masyarakat sudah kembali bisa merayakan Hari Raya Idul Fitri di kampung halaman masing-masing setelah sebelumnya larangan mudik akibat COVID-19.

Jelang mudik, ada banyak hal yang perlu disiapkan sebelum melakukan perjalanan jarak jauh. Agar mudik aman dan lancar, masyarakat harus memperhatikan beberapa hal berikut. 

Musim Mudik Lebaran 2024, TPI Imigrasi Soetta Catat Pergerakan Penumpang Naik 10 Persen

1. Vaksinasi Booster Kedua

Meski pemerintah telah meniadakan PPKM sejak akhir tahun 2022 lalu. Namun kita tetap harus melakukan vaksinasi booster.

Asuransi Kesehatan Jadi Primadona Usai Lebaran

Vaksinasi booster kedua tetap harus dilaksanakan untuk membentuk kekebalan tubuh dari serangan virus terutama virus COVID-19.

Vaksinasi booster digelar BIN DIY dan IKAGEO ITNY

Photo :
  • VIVA/Cahyo Edi (Yogyakarta)

Vaksinasi booster kedua perlu dilakukan mengingat baru-baru ini varian arcturus yang menyebabkan lonjakan kasus di India. Tak hanya di India virus ini juga tercatat ada di 11 negara lainnya termasuk Amerika Serikat, Brunei, dan Singapura.

Varian Arcturus merupakan varian yang sangat menular, mampu menghindari antibodi, menekan sistem kekebalan, dan bertahan di reservoir virus di luar jangkauan sistem kekebalan seperti halnya XBB.1.5, namun varian ini jelas memiliki kelebihan yang tidak dimiliki XBB.1.5. atau pun varian lain.

2. Pesan Tiket Jauh-jauh Hari

Jika menggunakan transportasi umum, tiket kendaraan perlu diamankan sejak jauh hari. Hal ini karena adanya potensi kehabisan tiket dan kenaikan harga naik ketika mendekati Idul Fitri.

Ilustrasi pesan tiket pesawat di Traveloka.

Photo :

Perusahaan PT KAI sudah membuka pembelian tiket mudik sejak H-45 dan tiket pesawat juga bisa dibeli melalui website dan aplikasi-aplikasi digital.

Untuk itu, segera dapatkan tiket mudik untuk perjalanan sesuai jadwal yang dikehendaki.

3. Asuransi

Selain persyaratan bepergian, perlindungan diri dan keluarga selama mudik juga menjadi aspek yang perlu diperhatikan.

Asuransi mobil

Photo :
  • Lifepal

Beberapa asuransi seperti asuransi kesehatan hingga asuransi perjalanan mudik bisa jadi salah satu pilihan untuk tetap mendapatkan rasa aman dan nyaman selama menjalankan mudik. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya