Menangis Bisa Batalkan Puasa? Buya Yahya Beri Penjelasan

Ilustrasi menangis
Sumber :
  • U-Report

VIVA Lifestyle – Menangis adalah salah satu cara manusia mengekspresikan perasaannya. Mulai dari rasa sedih, sakit, haru, kecewa hingga menyesal. Meneteskan air mata adalah hal manusiawi yang menunjukkan bahwa manusia makhluk lemah.

Mudik Lebaran 2024 Dinilai Beri Dampak Positif untuk Perekonomian Indonesia

Namun, pada bulan Ramadhan seperti saat ini, masih banyak anggapan di masyarakat yang menyebut bahwa menangis itu dapat membatalkan puasa. Apakah benar? Yuk lanjut scroll artikel selengkapnya berikut ini.

Terkait hal itu, Buya Yahya angkat bicara. Mengutip tayangan YouTube Al Bahjah TV dijelaskan bahwa dalam fiqih praktis 9 hal yang membatalkan puasa dan 9 orang yang boleh membatalkan puasa tidak disebutkan menangis dapat membatalkan puasa.

Pinjam Uang di Bank Syariah Apakah Riba? Ini Penjelasan Buya Yahya

Ilustrasi menangis.

Photo :
  • U-Report

"Yang membatalakan puasa itu ada sembilan, dari sembilan itu tidak ada menangis. Ada nangis seharian penuh tidak akan membatalkan puasa," kata Buya Yahya.

Terpopuler: Ramalan Zodiak sampai Penjelasan Buya Yahya Soal Panggilan Pak Haji

Namun dijelaskan Buya Yahya menangis saat Ramadhan tidak akan membatalkan puasa dengan syarat  air matanya jangan diminum.

Ilustrasi wanita menangis.

Photo :
  • Freepik

"Kalau nangis turun air matanya terasa asin dan diminum itu batal jadi menangis tidak membatalkan puasa," jelas dia.

Sementara itu, ulama Quraish Shihab dalam bukunya menjelaskan bahwa jika menangis karena mengingat dosa-dosa, prihatin melihat penderitaan orang lain, ataupun mengingat kebesaran Allah, maka hal tersebut justru akan menambah pahala.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya