Menginspirasi, Kata Founder ESQ Saat Beri Motivasi ke Pegawai Kemenkeu

Ilustrasi motivasi diri sendiri.
Sumber :
  • Unsplash

VIVA Lifestyle – Memberikan motivasi kepada pegawai, termasuk PNS (pegawai negeri sipil), sangat penting karena dapat meningkatkan kinerja dan produktivitas mereka dalam melaksanakan tugas dan tanggung jawab di tempat kerja. Memberikan motivasi juga sangat penting karena PNS merupakan bagian penting dari pemerintahan dan pelayanan publik. Dengan memberikan motivasi yang tepat, PNS dapat memberikan pelayanan publik yang lebih baik dan membangun kepercayaan masyarakat terhadap pemerintah.

Dewas KPK Ungkap Penyalahgunaan Wewenang Nurul Ghufron: Diminta Mutasi PNS Kementan ke Jawa

Maka Badan Pendidikan dan Pelatihan Keuangan (BPPK) mengadakan seminar Digital Kemenkeu Corporate University Talk (KCT) berjudul Kemenkeu Corpu Talk: Kemenkeu Satu, Santun Berbudaya. Acara tersebut diisi oleh Founder ESQ Group, Ary Ginanjar Agustian. Apa yang disampaikannya? Scroll lebih lanjut ya.

Pada kesempatan itu, Ary mengatakan terdapat sikap dasar dan perilaku efektif yang harus menjadi pedoman dalam berperilaku sebagai ASN pegawai Kemenkeu. Kondisi ini memacu pentingnya fondasi nilai-nilai budaya Kemenkeu yang dikuatkan dengan Core value ASN BerAKHLAK, dijiwai oleh seluruh punggawa Kemenkeu.

Cara Taspen Perkuat Srikandi Jadi Penggerak Finansial

"Untuk hadapi segala persoalan atau tantangan dibutuhkan fondasi yang kuat. Jadi fondasi dari Kemenkeu adalah membangun mentalitas, konsistensi, memiliki sebuah belief (keyakinan), values (BerAKHLAK)," ujar Ary.

Salurkan Gaji hingga THR PNS, Sri Mulyani Sudah Gelontorkan Rp 70,7 Triliun

Namun katanya, semua itu bisa terealisasikan tergantung niat seluruh pegawai Kemenkeu bekerja di sini. Tujuan mereka hadir menjadi keluarga besar Kemenkeu ini. Apakah beriorientasi kepada finansial (Strong Why), jabatan (Big Why), atau sebuah pengabdian kepada Tuhan (Grand Why).

"Apapun tujuannya, diusahakan pusat orbitnya ada di Grand Why, yaitu bekerja dengan niat memberikan kontribusi kepada khalayak, menebar manfaat," kata Ary.

Di hadapan 100 peserta yang mengikuti secara luring dan sekitar 2 ribu peserta secara daring itu, Ari menyampaikan harus dilakukan hingga semuanya bisa membuktikan 'the real you', yaitu sampai bisa menjawab 3 pertanyaan, siapa saya? di mana saya? dan mau kemana saya?.

Founder ESQ Bersama Pegawai Kemenkeu

Photo :
  • ist

"Jadilah generasi terbaik di Kemenkeu. Hadapi semua dengan fondasi. Agar Indonesia bisa bangkit dan maju. Kita harus buat komitmen, keputusan dari sekarang dengan niat Grand Why," ujarnya.

Wakil Menteri Keuangan (Wamenkeu) Suahasil Nazara memberikan motivasi, pencerahan, dan arahan terkait peningkatan pemahaman insan Kementerian Keuangan mengenai pentingnya penguatan budaya organisasi dalam pelaksanaan tugas sehari-hari.

"Semoga ini menjadi ajang refleksi kita semua dengan apa yang terjadi saat ini. Dan apa yang disampaikan oleh narasumber ini bisa sampai ke 79 ribu insan Kemenkeu lainnya agar selaras. Karena ini tugas bersama," ucapnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya