Untuk Jemaah Haji Ini Tips Tukar Uang, Lebih Murah Tukar Riyal di RI atau Arab?

Musim Haji, Penukaran Uang Riyal Ramai
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Irsan Mulyadi

VIVA Lifestyle  –  Sebentar lagi umat Muslim akan menyambut musim haji, di mana para jemaah dari Indonesia akan berangkat untuk menunaikan ibadah haji mereka ke Tanah Suci Mekkah. Tentu ada banyak hal yang harus dipersiapkan oleh calon jemaah sebelum berangkat ke Arab Saudi. Salah satunya adalah menyiapkan uang untuk kebutuhan selama menunaikan ibadah haji di Tanah Suci. 

Rupiah Melemah, Sri Mulyani Beberkan Mata Uang Negara-negara G20 Kondisinya Senasib

Mata uang yang digunakan di Arab Saudi adalah Riyal, sehingga pastikan calon jemaah haji menukar uang rupiah menjadi riyal. Calon jemaah dapat menukarnya di Indonesia melalui money changer atau menukarnya langsung di Arab Saudi. 

Uang Riyal

Photo :
  • VIVAnews/Umi Kalsum
Trade Minister: No Need to Worry about Weakening of Rupiah

Lantas, lebih murah menukar uang rupiah ke riyal di money changer Indonesia atau langsung di Arab Saudi? Seorang YouTuber asal Indonesia bernama Muhammad Putra Setia membagikan pengalamannya menukar uang rupiah ke riyal dengan menggunakan money changer di Arab Saudi langsung. Yuk simak tipsnya di bawah ini!

Cek Kurs

Alasan Nico Bunuh Wanita Open BO yang Jasadnya Ditemukan di Pulau Pari

Sebelum menukarkan uang, disarankan untuk melihat kurs rupiah ke riyal terlebih dahulu. Pada video yang diunggah, kurs rupiah ke riyal pada saat itu sebesar Rp3.826. Jemaah umrah yang bersamanya ada yang menukar uang melalui money changer di Indonesia dengan uang sebesar Rp1.050.000 menjadi 250 riyal. Berarti hasil tukar uang 1 riyal adalah Rp4.200. 

Ke Money Changer

Kemudian, YouTuber tersebut mencoba untuk menukar uang langsung di money changer Arab Saudi. Uang yang ditukar sebesar Rp1 juta dan menghasilkan 245 riyal. Berarti hasil tukar uang 1 riyal adalah 4.081, yang di mana lebih murah daripada ditukar di Indonesia. 

Lewat ATM

Namun, ada cara lain agar uang yang dikeluarkan jauh lebih murah lagi, yakni mengambil langsung di ATM. Setiap negara biasanya menyediakan ATM internasional, misal yang memiliki tanda Visa dan Mastercard. Sehingga bisa langsung mengambil di mesin ATM luar negeri. 

Mungkin cara yang satu ini juga jauh lebih mudah, apalagi tidak perlu membawa banyak uang kertas saat perjalanan ke Tanah Suci. 

Musim Haji, Penukaran Uang Riyal Ramai

Photo :
  • ANTARA FOTO/Irsan Mulyadi

Cara menggunakan ATM untuk mengambil uang di Madinah juga dijelaskan oleh sang YouTuber. Pertama, bagi yang tidak mengerti bahasa Arab harus mengubahnya ke bahasa Inggris terlebih dahulu.

  1. Masukkan pin
  2. klik continue
  3. klik cash withdrawal
  4. pilih jumlah uang (dalam bentuk riyal)
  5. pilih saving account.
  6. Setelah itu kartu ATM akan keluar disusul dengan uang yang juga akan keluar. 

Jadi, saat mengambil 200 riyal uang yang tertarik dari ATM dalam rupiah sebesar Rp780 ribu yang berarti 1 riyal adalah Rp3.903. Mengambil uang di ATM menjadi yang paling murah diantara menukar uang melalui money changer.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya