5 Negara Paling Ateis di Dunia, Dominan Ada di Asia

Kuil ateis di London
Sumber :
  • londonist.com

VIVA Lifestyle – Ateis menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), adalah orang yang tidak percaya adanya Tuhan. Setidaknya ada lima negara di dunia dengan populasi ateis terbanyak.

Krisis Populasi Jepang: Setengah Perempuan Muda Hilang di 40 persen Wilayah pada 2050

Dari lima negara tersebut, salah satunya adalah Jepang yang terkenal sebagai salah satu negara paling maju di dunia. Insider Monkey telah melansir lima negara paling ateis di dunia pada 2023.

foto atheis dan agnostik.

Photo :
  • google.com
Mengenal Agama Sikh, Keyakinan yang Dianut Bunga Zainal dan Anak-anaknya

Acuan ateis yang digunakan dalam datanya adalah jumlah populasi yang tidak berafiliasi dengan agama. Berikut deretan negara Paling Ateis di Dunia yang VIVA himpun dari berbagai sumber:

1. Republik Ceko

Viral Wanita Ini Ngaku Ditipu Elon Musk, Uang Rp800 Miliar Melayang

Populasi yang tidak berafiliasi dengan agama mencapai 78,4 persen. Republik Ceko merupakan negara Eropa Tengah yang terkurung daratan. Negara ini memiliki PDB USD509 miliar dan pendapatan per kapita yang relatif tinggi sebesar USD47.527 dalam hal paritas daya beli.

Meski tercatat sebagai negara paling ateis, Republik Ceko memiliki perusahaan mobil bernama Skoda--salah satu perusahaan mobil terbesar di dunia. Negara yang menjadi bagian dari Uni Eropa ini juga menghasilkan sebagian besar listriknya dari pembangkit listrik tenaga nuklir.

2. Korea Utara

Populasi yang tidak berafiliasi dengan agama mencapai 71,3 persen. Korea Utara nama resminya adalah Democratic People's Republic of Korea (DPRK).

Pemimpin Korea Utara Kim Jong Un

Photo :
  • KCNA via AP

Negara yang dipimpin Kim Jong-un ini menempati setengah dari Semenanjung Korea dan berbatasan dengan Korea Selatan, China, dan Rusia. Negara ini memiliki senjata nuklir dan bermusuhan dengan Amerika Serikat (AS) beserta sekutunya.

Kekurangan dari Korea Utara adalah pendapatan per kapita rendah dan sering disebut sebagai "negara nakal" yang telah diperintah oleh keluarga otokratis selama beberapa dekade.

3. Republik Estonia

Bendera Estonia dan Uni Eropa.

Photo :
  • iStock.

Populasi yang tidak berafiliasi dengan agama mencapai 60,2 persen. Republik Estonia merupakan negara Eropa di kawasan Baltik. Anggota NATO ini memiliki ekonomi kecil.

Orang-orangnya secara konsisten disurvei tidak memiliki afiliasi agama, dengan perkiraan terbaru Pew sekitar 60,2 persen. Meski mayoritas penduduknya tidak beragama, populasi umat Kristen di sana mencapai 39,3 persen.

4. Jepang

Bendera Jepang.

Photo :
  • Istimewa

Populasi yang tidak berafiliasi dengan agama mencapai 60 persen. Meski menjai salah satu negara paling ateis di dunia, Jepang tampil beda dengan tumbuh sebagai salah satu negara paling maju dan berteknologi maju di Bumi.

PDB-nya sebesar USD4,3 triliun, yang secara nominal adalah yang terbesar ketiga di dunia. Pendapatan per kapitanya sebesar USD33.822. Jepang terkenal dengan industri manufaktur mobil dan robotika yang dinamis, dengan perusahaan Jepang menjadi salah satu pemimpin dunia dalam domain ini.

Meski mayoritas penduduknya ateis, negara ini memiliki penganut Buddha yang tinggi dan pemeluk Kristen sangat sedikit.

5. Hong Kong

A policeman stands guard under Chinese (left) and Hong Kong flags (right).

Photo :
  • ANTARA/Reuters/Tyrone Siu/as

Hong Kong secara resmi dikenal sebagai Daerah Administratif Khusus Hong Kong (Hong Kong SAR) Republik Rakyat China. Ia memiliki populasi yang tidak Berafiliasi dengan agama sekitar 54,7 persen.

Hong Kong SAR memiliki kebijakan imigrasi terpisah dari China dan badan legislatifnya berdiri sendiri. Meski masuk wilayah dengan penduduk paling ateis, Hong Kong tercatat sebagai salah satu kawasan paling makmur di dunia, dengan PDB USD544 miliar dan pendapatan per kapita USD74.598.

Sebagian besar penduduknya tidak beragama, tetapi sebagian besar juga percaya pada agama Buddha atau agama lokal atau agama rakyat.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya