Pameran Seni Figures by Figure, Refleksikan Standar Kecantikan Hingga Peran Gender

Pameran seni Figures by Figure.
Sumber :
  • Figure

JAKARTA – Pameran seni Figures by Figure kembali diadakan di A3000 Creative Compound Kemang, Jakarta Selatan. Acara ini memanggil para seniman atau penggemar kreatif untuk menunjukkan karyanya. 

Jayabaya Ramal Kemunculan Gempa Besar hingga Renggut Korban Jiwa, Begini Terjemahannya

Menyajikan hasil karya seni dari berbagai latar belakang, pameran ini dapat dinikmati oleh para peminat seni mulai dari 24-30 Juni 2023 mendatang. Yuk, scroll untuk mengetahui ada hal menarik apa saja yang ada di sana.

Figure adalah sebuah team creative agency yang berasal dari Jakarta. Seperti namanya, acara pameran ini lahir dari ketertarikan figure terhadap ide-ide artistik, serta keinginan untuk berkarya dan mengeksplorasi tema gambaran tubuh sepanjang sejarah dan budaya namun tidak eksklusif pada media grafis dan poster bersama teman-teman pelaku desain dan seni rupa. Dalam pameran ini, dihadirkan beragam interpretasi artistik yang melintasi ruang dan waktu.

Pendingin Udara Ini Bisa Mendeteksi Pergerakan Manusia

Figures by Figure terinspirasi dari sejarah seni dan budaya masyarakat permadani dalam memandang dan menggambar bentuk tubuh manusia. Pameran ini mengundang pengunjung untuk merefleksikan bagaimana peran gender, standar kecantikan, serta norma sosial yang ada membentuk konsep akan tubuh atau bentuk fisik kita.

Diskriminasi Terhadap Perempuan Dalam Pekerjaan Kian Parah di Tiongkok

“Dari berbagai pameran yang ditampilkan, kita ingin memancing pemikiran pengunjung untuk membahas tentang hubungan kompleks yang dimiliki oleh manusia terhadap tubuhnya sendiri. Hal ini seringkali terjadi di lingkungan kita, atau bahkan hampir semua orang pasti pernah mengalami hubungan yang rumit ini," ujar Fahmi Maulana dan Adellard, sebagai Design Lead dan Creative Strategist dari Figure, dalam keterangannya, dikutip Senin 26 Juni 2023. 

Acara ini pun dibuka lebar bagi para seniman dan penggemar kreatif yang ingin bergabung, berkontribusi, dan menunjukkan karya seninya. Topik-topik yang dapat dibahas di antaranya tentang standar kecantikan, peran gender dan ekspektasi tubuh, modifikasi dan perhiasan tubuh, keragaman budaya dan penerimaan bentuk tubuh, serta politik dan kampanye tentang tubuh.

Ada pula, para seniman-seniman ternama yang akan berpartisipasi dalam pameran seni Figures by Figure, antara lain Azeten, Nabila Ernada, Miranda Pranoto, Mohammad Taufiq "Emte", Patricia Thebez, dan Problema Nona.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya