Mengenal Puasa Tarwiyah dan Arafah 1444 H, Ini Jadwal dan Niatnya

Ilustrasi puasa.
Sumber :
  • pixabay

Jakarta – Puasa Tarwiyah dan puasa Arafah adalah dua puasa sunnah yang dilakukan pada tanggal-tanggal tertentu dalam bulan Dzulhijjah, bulan terakhir dalam kalender Islam sebelum datangnya Hari Raya Idul Adha. 

5 Tips Ampuh untuk Hilangkan Lemak Perut yang Bikin Susah Gerak

Puasa Tarwiyah dilakukan pada tanggal 8 Dzulhijjah, yang merupakan hari sebelum Hari Tasyrik. Puasa ini dinamakan Tarwiyah karena pada hari tersebut, orang-orang dahulu mempersiapkan bekal dan persediaan makanan untuk beribadah di Mina.

Puasa Arafah dilakukan pada tanggal 9 Dzulhijjah, yaitu saat para jamaah haji berada di Padang Arafah. Puasa ini sangat dianjurkan dan memiliki keutamaan yang besar. Bagi mereka yang tidak berada di Mekah untuk melaksanakan ibadah haji.

Mudik Lebaran 2024 Dinilai Beri Dampak Positif untuk Perekonomian Indonesia

Ilustrasi puasa.

Photo :
  • pixabay

Sementara itu, menurut hasil sidang isbat yang dilakukan pemerintah, 1 Dzulhijjah 1444 H ditetapkan tanggal 20 Juni 2023. Dengan begitu, jadwal puasa Tarwiyah atau tanggal 8 Dzulhijjah 1444 H jatuh pada Selasa, 27 Juni 2023. 

Potong Kuku Mulai dari Jari Mana? Ini Penjelasan Ustaz Adi Hidayat

Sementara untuk puasa Arafah atau tanggal 9 Dzulhijjah 1444 H jatuh sehari setelahnya yaitu tanggal 28 Juni 2023. Sedangkan Pimpinan Pusat Muhammadiyah sudah menetapkan 1 Dzulhijjah 1444 H jatuh pada Senin, 19 Juni 2023. 

Mengacu pada penetapan itu, maka jadwal Puasa Arafah untuk Muhammadiyah sedikit lebih awal dari yang lain. Mereka akan melaksanakan puasa Arafah pada Selasa, 27 Mei 2023. 

Peziarah mengunjungi bukit Jabal Rahmah di kawasan Padang Arafah, Makkah Al Mukarramah, Arab Saudi, Sabtu, 4 Mei 2019.

Photo :
  • ANTARA FOTO/Aji Styawan

Untuk umat Islam yang akan melaksanakan puasa Tarwiyah dan Arafah hendaknya mengetahui bacaan niatnya. Nah, berikut adalah bacaan niat puasa Tarwiyah dan Arafah sebagaimana yang dilansir dari lama NU Online. 

Niat Puasa Tarwiyah 8 Dzulhijjah

Arab latin: Nawaitu shauma tarwiyata sunnatan lillahi ta'ala.
Artinya: "Saya niat puasa sunnah Tarwiyah karena Allah ta'âlâ."

Niat Puasa Arafah 9 Dzulhijjah

Arab latin: Nawaitu shauma arafata sunnatan lillahi ta'ala.
Artinya: "Saya niat puasa sunnah Arafah karena Allah ta'âlâ."

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya