12 Adab di Hari Idul Fitri yang Perlu Dilakukan Umat Muslim

Shalat Idul Fitri 1444 Hijriah
Sumber :
  • AP Photo /Achmad Ibrahim

VIVA Lifestyle  – Rabu 10 April 2024, ditetapkan sebagai 1 Syawal 1445H. Menyusul dengan penetapan 1 Syawal 1445 H Rabu esok, masyarakat sudah mulai menyiapkan diri untuk melaksanakan sholat Idul Fitri di masjid terdekat.

Gasak Harta Majikan Saat Mudik Lebaran, Pria di Tangerang Ditangkap Polisi

Menyambut hari Raya Idul Fitri juga termasuk hal yang disunnahkan. Bahkan terdapat beberapa adab yang diajarkan oleh Rasulullah SAW. 

Ada beberapa adab yang perlu untuk diperhatikan dalam menyambut Hari Raya Idul Fitri 1 Syawal. Apa saja? Berikut ini rangkumannya dikutip dari akun Instagram resmi da’i kondang Abdullah Gymnastiar alias Aa Gym

Masa RAFI 2024, Konsumsi Avtur Naik 10%

“Sahabat yang baik. Berikut adab-adab di hari Idul Fitri: Pertama Mandi sebelum berangkat 'led. Kedua berhias dan memakai wewangian bagi laki-laki. Ketiga disunnahkan makan sebelum berangkat 'led,” demikian keterangan Aa Gym di akun instagramnya. 

Melansir sumber lain, untuk mandi, berdasarkan sunnah, mandi hari raya ini dapat dilakukan sejak tengah malam hingga pagi setelah shalat Subuh. Tata cara dari mandi sunnah Hari Raya Idul Fitri ini hampir sama dengan tata cara mandi wajib pada umumnya. Yang menjadi pembedanya adalah bacaan niat yang dapat diucapkan sebelum membasuh tubuh dengan air bersih. Niatnya yakni “Nawaitu ghusla li ‘idil fithri sunnatan lillahi ta’ala.”

Mendag Zulhas Sebut Kenaikan Harga Bawang Merah Akibat Banyak Pedagang Belum Mulai Berjualan

Lebih lanjut adab atau sunnah yang dilakukan selama Idul Fitri adalah disunahkan sholat Ied di lapangan terbuka. Mengambil jalan berbeda saat pergi dan pulang. Lalu memperbanyak takbir dari rumah hingga menuju tempat shalat 'led.

Untuk pembacaan takbir, disunnahkan untuk dikerjakan pada pagi hari menjelang shalat Idul Fitri. Membaca takbir ini dapat dilakukan pada saat perjalanan menuju ke lokasi shalat Idul Fitri dilaksanakan dan selama menunggu sholat Idul Fitri dimulai. 

Lalu adab ketujuh yang dilakukan umat muslim saat Idul Fitri adalah selamat mengucapkan tahniah atau selamat 'led. Ke delapan, berjalan kaki ke tempat shalat. Ke sembilan memakai pakaian yang bagus.

Ke sepuluh bagi wanita yang haid tetap menghadiri shalat ‘Ied. Ke sebelas  tidak ada shalat sunnah qobliyah dan ba'diyah. Ke duabelas Shalat 'ledul Fitri. “Jangan lupa untuk diamalkan ya sahabat......,” ungkap Aa Gym. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya