Wajib Tahu! 3 Hal Ini Dilarang Dilakukan Saat Idul Adha

Shalat Idul Adha Warga Muhammadiyah 2023
Sumber :
  • VIVA/M Ali Wafa

JAKARTA – Sebagian besar umat muslim di tanah air telah merayakan Idul Adha pada hari ini, Rabu 28 Juni 2023. Namun sebagian besar lainnya akan merayakan Idul Adha 2023 pada esok, Kamis 29 Juni. 

Kronologi Pembubaran Kegiatan Ibadah Berujung Pengeroyokan di Tangsel

Idul Adha merupakan bentuk perayaan hari raya haji yang jatuh pada 10 hingga 13 Dzulhijah. Pada perayaan hari ini, umat muslim yang memiliki rezeki disunnahkan untuk berkurban. Dengan menyembelih sapi, kambing atau domba. 

Namun jelang Idul Adha besok, ternyata ada sejumlah larangan yang harus diperhatikan umat muslim. Apa saja larangannya? Berikut ini rangkumannya dari berbagai sumber.

Idul Adha Sebentar Lagi, Bank Muamalat Sediakan Layanan Kurban Online Pakai Mobile Banking

Ilustrasi umat muslim menjalankan ibadah salat

Photo :
  • ANTARA FOTO/Rahmad

1. Puasa 

4 Tersangka Pembubaran dan Pengeroyokan Ibadah di Tangsel Termasuk Ketua RT, Ini Perannya

Pada 11, 12 dan 13 Dzulhijah umat muslim dilarang untuk berpuasa. Tiga hari ini yang dikenal dengan hari tasyrik ini umat muslim diharamkan berpuasa. Larangan ini sendiri telah didasarkan pada sabda Nabi Muhammad SAW.

"Hari-hari tasyrik adalah hari makan dan minum". Hadist Riwayat Muslim Nomor 1141.

2. Dilarang memotong kuku dan rambut

Dalam Hadist Riwayat Muslim Nomor 1977 Nabi Muhammad ? bersabda "Jika hari kesepuluh telah tiba, dan salah satu di antara kalian ingin menyembelih Kurban, maka jangan menyentuh (memotong) apa pun dari rambut pada kulit kalian".

Hadits ini menjelaskan tentang larangan mencukur rambut dan memotong kuku ketika telah memasuki tanggal 10 Dzulhijjah bagi orang yang hendak atau memiliki niat menyembelih kurban. Demikian pula terdapat hadits yang menjelaskan bahwa larangan ini adalah ketika memasuki hilal Dzulhijjah.

Pembagian daging hewan kurban tanpa wadah plastik.

Photo :
  • Dokumentasi Kolaborasi KITA.

Melansir laman NU Online, hikmah dari larangan ini adlaah semua anggota tubuh kita sekecil apa pun akan diselamatkan dari api neraka. Ada juga pendapat yang mengatakan bahwa larangan tersebut untuk menyerupai (tasybih) larangan bagi orang yang sedang ihram untuk menyembelih dan berburu hewan apa pun.

3. Tidak makan sebelum solat Idul Adha

Disebutkan bahwa Nabi Muhammad SAW tidak keluar menuju lapangan di hari Idul Fitri hingga beliau makan dahulu. Dan beliau tidak makan sebelum melaksanakan solat Idul Adha baik mau berkurban atau tidak. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya