Mantan Pendeta yang Naik Haji Diundang Raja Salman, Ternyata Sudah Mualafkan Ribuan Orang

Pastor Ibrahim Richmond
Sumber :
  • Twitter.

ARAB SAUDI – Kisah mualaf yang viral di media sosial mengejutkan umat muslim di dunia. Sebab, sosok pemualaf mantan pendeta ini tak sendirian, melainkan mengajak ribuan pengikutnya untuk mengucapkan dua kalimat syahadat sehingga ikut menjadi muslim.

Cegah Informasi Simpang Siur, Jemaah Haji Diimbau Tak Bagikan Kabar Tidak Benar di Media Sosial

Adalah sosok bernama Ibrahim Richmond yang dulunya seorang pendeta terkemuka, namun memilih mualaf. Mantan pendeta Kristen asal Afrika Selatan, yang masuk Islam baru-baru ini bahkan diundang untuk menunaikan ibadah haji tahun ini oleh Raja Saudi Salman bin Abdulaziz Al Saud atau Raja Salman. Scroll untuk info selengkapnya.

"Waktu pertama kali diajak haji, saya tidak yakin. Saya pikir saya tidak bisa pergi," ujarnya, dikutip VIVA, Rabu 28 Juni 2023. 

Arab Saudi Kemungkinan Ikut Ajang Miss Universe, Kandidat Lagi Diseleksi Ketat

Ibrahim Richmond mengaku tak percaya dengan undangan tersebut dan sempat merasa tak benar-benar bisa naik haji. Tapi, kini ia sudah merasakan momen ke Mekah dan melihat Ka'bah dengan mata kepalanya sendiri seraya terharu.

Menakjubkan, 187 Pria dan Wanita Masuk Islam di Masjid Gtown Philadelphia Amerika

"Tapi sekarang, saya di sini… mengikuti langkah Nabi Muhammad, dan jutaan umat saya akan mengikuti langkah ini untuk melihat cahaya," imbuhnya.

Ada pun kisahnya masuk Islam sungguh tak terduga. Ibrahim Richmond masuk Islam tiga bulan lalu setelah mengklaim 'suara ilahi' berbicara dengannya dalam mimpi. Perjalanan spiritualnya itu seolah telah menjadi kuasa Allah SWT yang memberi 'bisikan' untuknya masuk Islam.

Usai mendengar bisikan Ilahi dalam mimpi selama berulang-ulang, Ibrahim Richmond memutuskan menjadi mualaf. Dikenal sebagai sosok terkemuka bagi umat non muslim, keputusan Ibrahim Richmond masuk Islam turut dilakukan ribuan orang Kristen dari gerejanya yang mengikuti dan ikut masuk Islam.

Dalam sebuah video viral yang muncul di internet pada Maret 2023 ini, Ibrahim Richmond dan ribuan pengikutnya terlihat mengucapkan Syahadat sebagai bentuk kesaksian iman umat muslim. Selang beberapa bulan, otoritas Saudi mengunggah video viral Richmond di Twitter, di mana dia berbagi pengalaman yang membuatnya menerima Islam. 

"Saya adalah seorang pendeta selama 15 tahun, dan saya adalah pemimpin jemaat di gereja, yang memiliki 100.000 pengikut sampai saya melihat mimpi itu," ujar Ibrahim Richmond, dikutip laman The Siasat Daily.

VIVA Militer: Raja Salman bin Abdulaziz.

Photo :

Richmond melihat bahwa dia kerap tidur di gereja dalam ruangan yang sangat kecil. Ia mengenang bahwa kala itu mendengar suara Ilahi agar ia dan pengikutnya masuk Islam.

"Kemudian, saya mendengar suara ilahi, memberi tahu saya: beri tahu orang-orang Anda untuk memakai pakaian putih," kenangnya

Di hari-hari berikutnya, Richmond mengalami mimpi ini berulang kali. Rupanya, bisikan tersebut semakin kuat dan membuat Richmond awalnya terganggu, lalu mulai tergugah hatinya.

“Setiap kali suara itu semakin kuat," kata Ibrahim Richmond.

Selanjutnya, Ibrahim Richmond pergi ke gereja dan memberi tahu para pengikutnya tentang mimpi itu. Dan di situ, ia pun mengucapkan syahadat bersama para pengikutnya seraya direkam lalu viral di media sosial.

“Tiga bulan lalu, saya mengucapkan syahadat di gereja yang sama, dan mereka mendukung apa yang saya katakan, dan mengulanginya. Belakangan, saya melihat seorang saudara Muslim mendatangi kami. Saya mengatakan kepadanya bahwa saya selalu menunggunya; Saya bermimpi dia akan datang ke sini,” katanya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya