Gak Cuma Pinter Main Musik, Jadi DJ Harus Mampu Bagikan Energi Positif

Calvin Harris
Sumber :
  • instagram @calvinharris

MAKASSAR – Menjadi seorang Disk Jockey (DJ) bukan sekadar menciptakan suasana dengan menghadirkan deretan mixtape yang sesuai. Namun, juga menghadirkan sentuhan tersendiri dengan racikan aransemen agar musik makin ciamik. 

Festival Pameran K-Pop Terbesar Siap Digelar 45 Hari! Musik, Film, Merchandise Ada di Sini

Lebih dari itu, satu hal yang memperlihatkan seorang DJ cukup piawai adalah membagikan energi positif agar penonton merasa senang. Yuk, scroll untuk tahu cerita lengkapnya. 

Fian Rynaldy begitu menikmati saat dirinya mampu berbagi semangat yang ia berikan ke penonton dari balik meja peranti DJ. Ya, DJ asal Makassar ini punya gairah bermusik yang begitu besar. Kemudian diletupkan sebagai semangat dalam bentuk irama musik yang ia pasang ke penonton. 

Meiska Angkat Fenomena Istilah Badut dalam Lagu Terbarunya

Dirinya melihat bagaimana cara DJ kelas dunia macam Calvin Harris hingga duo elektronik seperti Disclosure yang mampu membakar semangat penonton dari atas panggung. Melihat orang lain dapat bersenang-senang dengan musik membuat Fian ingin melakukan hal yang sama. 

Konser Band All Time Low Siap Digelar, Supermusic Janjikan Hal Ini

"Saya merasa menjadi seorang DJ bisa membuat orang senang dan memberikan energi positif kepada para penonton," ujar Fian dalam keterangannya, dikutip Selasa 11 Juli 2023. 

Sejak kecil, Fian memang begitu akrab dengan musik. Apalagi, dirinya tinggal dengan lingkungan keluarga yang tidak jauh-jauh dari musik. Pamannya adalah seorang gitaris. Sementara sang ayah, punya hobi mengumpulkan kaset. 

Fian mengenang masa kecilnya saat diajak mengunjungi sebuah stasiun radio. Dirinya merasakan atmosfer musik yang membuka wawasan baru untuknya. 

"Saya merasa bahwa musik ini bisa merubah dunia menjadi lebih baik," tuturnya. 

Namun, setelah beranjak dewasa Fian memutuskan untuk menggeluti musik dalam spektrum berbeda. Ia tidak memainkan instrumen musik pada umumnya, namun mengoperasikan perangkat elektronik untuk meramu komposisi lagu. Bahkan, dirinya mengaku belajar secara otodidak untuk dapat meramu musik ala DJ. 

Ilustrasi konser musik.

Photo :
  • Freepik/wirestock

"Saya belajar DJ sejak 2016. Otodidak saja hanya bermodal belajar dari tayangan YouTube," katanya.

Karena memang berbakat, dirinya pun tidak kesulitan saat berhadapan dengan perangkat musik elektronik. Fian tidak keberatan ketika harus tampil menggunakan peranti berbeda. Seperti Controller hingga player khusus CDJ.

"Secara teknis sebenarnya tidak sulit, karena hanya memerlukan hitungan bar lagu. Yang sulit dalam bermain DJ adalah bagaimana kita memainkan lagu-lagu yang membuat orang senang, padahal kita tidak tahu selera musik penonton bagaimana," imbuhnya. 

Fian berujar, modal utama seseorang menjadi DJ adalah memperluas perpustakaan musik. 

"Modal utamanya adalah harus bisa banyak mendengarkan lagu dan mempunyai banyak referensi lagu," ujarnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya