Rizky Ayu, Konten Kreator Nyentrik Kini Sukses Dulu Sering Kena Banned

Konten kreator Rizky Ayu.
Sumber :
  • Dok. Rizky Ayu.

JAKARTA – Untuk menekuni dunia konten kreator, tak cukup hanya mengandalkan passion. Sebab, seorang konten kreator juga harus menyiapkan mental menghadapi reaksi positif atau negatif warganet. Kepercayaan diri dan fokus juga menjadi faktor penting agar seorang kreator tetap produktif membuat konten.

Film ‘Guru Tugas’ Tuai Kecaman di Madura, Polda Jatim Tangkap 3 Orang Konten Kreator

Salah seorang konten kreator TikTok, Rizky Ayu, memberikan tips bagi warganet yang berniat menjadi influencer atau konten kreator. Dikatakannya, mengawali profesi sebagai konten kreator harus dibarengi mental yang kuat. Karena, selain memikirkan ide dan inspirasi konten, tanggapan dan reaksi warganet juga mesti bisa dikelola dengan baik. Yuk, scoll untuk info selengkapnya.

"Dulu aku jatuh bangun karena akun Tiktok aku selalu kena banned karena banyak hate comment. Tapi Alhamdulillah, sekarang udah positif semenjak memakai hijab, walaupun ada aja yang enggak suka," kata perempuan yang juga lebih dikenal dengan nama Ayu Jessica itu, dalam keterangannya, dikutip Sabtu 15 Juli 2023. 

Khansa Tabina, Konten Kreator yang Sosoknya Jadi Sorotan Gegara Film Siksa Kubur Joko Anwar

Rizky Ayu sendiri dikenal sebagai salah satu kreator yang nyentrik. Gaya bicara yang unik dan suaranya yang bulat membuat Ayu memiliki karakter yang khas. 

Cerita Pilu Masa Lalu Mimi Peri: Bapak Meninggal di Gubuk hingga Tak Ada yang Bacakan Yasinan

Perjalanannya hingga menjadi kreator yang dikenal saat ini tidaklah mudah. Ayu terlahir dari keluarga miskin di Sinjai Sulawesi Selatan dan saat ini tinggal di salah satu hutan kawasan pertambangan di Sulawesi Tenggara. Sejak SD, ia berjualan di kantin sekolah, bahkan aktivitas berjualan di kantin sekolah berlanjut sampai SMA. 

“Pada 2018 saat lulus SMA, saya masih berjualan di kantin. Ada salah satu murid yang menyuruh buat akun Tiktok. Namun karena HP aku belum mendukung baru pada akhir 2019 saya baru bisa beli HP yang lebih bagus, dan sejak itulah saya baru menggunakan Tiktok,” tuturnya.

Sejauh ini, akun TikToknya @ayusinjaiii sudah memiliki lebih dari 5 juta pengikut dari berbagai kalangan. Ini semua berkat ketekunan Ayu membuat konten seputar ulasan produk, tutorial, video unboxing dan beragam konten hiburan.

Meski demikian, tak semua konten yang dibuatnya disukai warganet. Menurutnya, hujatan dan koreksi dari warganet adalah motivasi agar bisa lebih teliti lagi dalam membuat konten. 

"Seringkali, ketika membuat kesalahan kecil aku dihujat banyak orang. Tapi itu tidak membuat saya down, justru motivasi agar aku jadi lebih baik lagi," tambahnya. 

Sambil terus berkreasi, kini Ayu mulai merintis bisnis secara bertahap. Ia memanfaatkan popularitasnya di media sosial dan mulai memperkenalkan brand produk kecantikan miliknya yang bernama Yessica's. 

Perempuan berusia 24 tahun ini berharap bisa mengembangkan potensi sebagai kreator sekaligus mengembangkan brand-nya. Dengan pengalamannya di dunia konten kreator, Ayu ingin brand-nya dikenal luas, terutama di kalangan wanita pecinta kecantikan alami.

"Yang ingin aku raih adalah brand aku sendiri, Yessica's ini bisa lebih dikenal dan bisa mendapatkan penghargaan dari TikTok," katanya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya