7 Jenis Phobia Paling Aneh di Dunia, Takut Warna hingga Mandi dan Mencuci

Ilustrasi takut, fobia
Sumber :
  • Pixabay/Österreich

VIVA – Phobia atau ketakutan yang ekstrem terhadap sesuatu adalah fenomena psikologis yang dapat mempengaruhi siapa saja. Selain phobia yang umum seperti takut ketinggian atau laba-laba, ada juga jenis phobia lainnya yang lebih langka dan aneh.

Cerita Mencekam Warga Deli Serdang soal Tawuran Geng Motor: Kami Mati Ketakutan

Mulai dari takut terbang hingga takut kata-kata panjang, jenis-jenis phobia ini dapat menjadi sangat membatasi bagi individu yang mengalaminya. Pada kali ini akan dibahas mengenai beberapa jenis phobia paling aneh di dunia yang mungkin belum pernah kamu dengar sebelumnya yang dihimpun dari berbagai sumber. Scroll ke bawah untuk simak artikel selengkapnya. 

1. Pteromerhanophobia

Menguak Tirai Depresi: Gejala, Solusi, dan Dukungan untuk Kesembuhan

Ilustrasi Pesawat

Photo :
  • unsplash.com

Ini adalah phobia terbang di mana penderitanya akan merasa ketakutan ekstrem terhadap penerbangan atau terbang. Orang dengan phobia ini juga akan merasa sangat cemas dan takut saat berada di dalam pesawat terbang atau bahkan saat mereka hanya berpikir tentang naik pesawat.

Arti Mimpi Melihat Ular Besar, Simbol Keberuntungan dan Keberkahan

2. Ablutophobia

Ilustrasi mandi

Photo :
  • Pixabay

Selanjutnya ada ablutophobia yang merupakan phobia terhadap mandi atau mencuci. Orang dengan ablutophobia akan merasa sangat cemas dan takut saat dihadapkan dengan situasi untuk mandi atau mencuci diri.

Ilustrasi depresi/stres.

Photo :
  • Freepik/jcomp

Berikutnya cukup unik karena ini adalah phobia terhadap phobia. Ini adalah ketakutan irasional terhadap merasa takut atau phobia itu sendiri. Orang dengan phobophobia takut mengalami ketakutan yang intens terhadap objek atau situasi tertentu.

4. Papaphobia

Santa Claus bagikan buku kepada anak-anak

Photo :
  • VIVAnews/Ikhwan Yanuar

Phobia ini adalah ketakutan saat bertemu dengan Santa Claus. Meskipun tidak lazim, beberapa orang memiliki ketakutan atau phobia terhadap sosok Santa Claus atau tokoh-tokoh perayaan Natal lainnya.

5. Chromophobia

Ilustrasi pilihan warna.

Photo :
  • Freepik

Ini adalah phobia terhadap warna. Mereka yang menderita chromophobia akan merasa cemas atau takut terhadap warna tertentu atau banyak warna, dan ini dapat mempengaruhi cara mereka berinteraksi dengan dunia sekitar.

6. Hippopotomonstrosesquipedaliophobia

Daerah dengan nama terpanjang di dunia.

Photo :
  • U-Report

Ironisnya, ini adalah phobia terhadap kata-kata panjang. Orang dengan phobia ini takut atau merasa cemas saat menghadapi kata-kata yang sangat panjang atau rumit.

7. Nomophobia

Ilustrasi main handphone.

Photo :
  • Unsplash

Phobia terhadap tidak memiliki ponsel atau tidak dapat menggunakan ponsel. Orang dengan nomophobia merasa cemas dan takut saat berada jauh dari ponsel mereka atau saat tidak dapat menggunakannya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya