Bingung Habiskan Akhir Pekan? Pesta Literasi Indonesia 2023 Bisa Jadi Pilihan

Pesta Literasi Indonesia 2023
Sumber :
  • ist

JAKARTA – Taman Ismail Marzuki, pusat kesenian dan kebudayaan di Jakarta, jadi tuan rumah Pesta Literasi Indonesia 2023. Acara ini diselenggarakan oleh Gramedia Pustaka Utama dan akan berlangsung dari 1 hingga 3 September 2023 di Teater Wahyu Sihombing dan Galeri Emiria Soenassa.

Weekend ke Mana? Yuk, Nikmati Hidangan ala Gourmet Cocok Buat Temen Nongkrong

Acara ini dibuka dengan sesi menarik yang diberi judul Merangkul Rasa - Literasi yang Tak Pernah Basi. Scroll lebih lanjut ya.

Dalam sesi ini, para tokoh penting dari dunia literasi dan seni berbicara, antara lain Andi Tarigan, Chief Editor Gramedia Pustaka Utama; Eka Kurniawan, penulis ternama; Najwa Shihab, pegiat literasi, serta Maria Pankratia yang mewakili Klub Buku Petra dan Flores Writers Festival. Mereka membagikan pandangannya tentang pentingnya literasi dalam konteks yang lebih luas, termasuk seni dan kuliner.

Hari Buku Sedunia, Starbucks Indonesia Serahkan 8.769 Buku untuk Anak-anak

Partisipasi yang besar dari seluruh penjuru Indonesia membuat Pesta Literasi ini menjadi sebuah ajang yang merangkul keanekaragaman budaya nusantara. Tak hanya sebagai sebuah pesta literasi, acara yang masih ada hingga akhir pekan ini juga menjadi titik pertemuan dari berbagai elemen kebudayaan dan sosial di Indonesia. Peserta dari berbagai daerah telah turut serta, menunjukkan bahwa semangat dan minat baca di Indonesia masih sangat tinggi dan merata di seluruh daerah.

OJK Ingatkan Emak-emak Hati-hati Terjerat Rentenir: Bunganya Luar Biasa Mencekik Leher

Tahun ini, Pesta Literasi Indonesia mengusung tema Merangkul Rasa. Mengapa demikian? Tema ini dipilih untuk menunjukkan bahwa literasi tidak terbatas pada kata-kata dalam buku, tetapi juga merangkul rasa dalam berbagai aspek kehidupan, termasuk musik, kuliner, dan seni.

Oleh karena itu, acara ini dimeriahkan oleh lebih dari 50 penulis, musisi, penyair, pegiat literasi, pencinta kuliner, dan tokoh-tokoh nasional. Line-up pengisi acara mencakup Najwa Shihab, Nicholas Saputra, Eka Kurniawan, Joko Pinurbo, Jerome Polin, dan banyak lagi.

Pesta Literasi Indonesia 2023

Photo :
  • ist

Salah satu yang paling ditunggu-tunggu dari acara ini adalah serangkaian aktivitas dan kompetisi seperti talkshow, fashion show, food challenge, cake decorating competition, lomba mewarnai, dan lomba cosplay yang bertemakan tokoh-tokoh dari buku terbitan Gramedia Pustaka Utama. Dan untuk menutup hari, sebuah panggung Konser Literasi akan menampilkan penampilan dari musisi nasional ternama seperti Soegi Bornean, Majelis Lidah Berduri, dan Sal Priadi.

Sebagai tambahan, Pesta Literasi Indonesia 2023 juga bekerja sama dengan Pasar Keliling untuk menghadirkan bazar UMKM yang menampilkan aneka makanan, minuman, dan kerajinan tangan, memberikan ruang bagi pelaku UMKM untuk memamerkan produknya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya