Kenalan Sama Orang Baru di Aplikasi Kencan? Perhatikan 3 Tips Ini Biar Tetap Aman

Ilustrasi kencan online.
Sumber :
  • Pixabay/ Geralt

VIVA Lifestyle – Dunia maya memang selalu menarik untuk ditelusuri, termasuk berkenalan dengan orang baru di aplikasi kencan. Eits tapi jangan terlena, berkenalan dan bertemu dengan orang baru yang berasal dari dunia maya bukan berarti aman, untuk itu, kamu wajib berhati-hati. 

Viral Wanita Ini Ngaku Ditipu Elon Musk, Uang Rp800 Miliar Melayang

Papri Dev, Vice President, APAC Communications di Tinder, mengungkap, penipuan finansial dan asmara bisa sangat cerdik, dan para penipu terus bekerja untuk mencari cara baru dalam memanfaatkan orang lain. Yuk, scroll untuk info selengkapnya.

Lalu, bagaimana tips tetap aman berkenalan dengan orang baru di dunia maya? Berikut 3 tips yang dipaparkan oleh Papri Dev, khususnya jika kamu berkenalan melalui aplikasi Tinder. 

27 Korban Penipuan Investasi Rp52 Miliar Geruduk Rumah Orang Tua Pelaku di Tasikmalaya

"Pertama, selalu menghormati orang lain dan mengikuti Pedoman Komunitas Tinder," jelas Papri Dev dalam keterangannya, dikutip Rabu 6 September 2023.

Waspada Penipuan Kerja Paruh Waktu yang Marak di Shopee

Lalu yang kedua, perhatikan tanda ceklis biru untuk Verifikasi Foto - Tinder baru saja memperkuat proses Verifikasi Foto dengan meminta para pengguna untuk mengambil swavideo, sebagai metode terbaik untuk membuktikan keaslian profil mereka. 

"Dalam Pengaturan Pesan, para pengguna yang Terverifikasi Fotonya dapat juga memilih untuk hanya menerima pesan dari pengguna lain yang sudah terverifikasi juga," paparnya. 

Ketiga menurut Papri Dev, pengguna juga bisa memblokir profil, memberi pilihan untuk melihat siapa yang ingin mereka temui di Tinder. Saat pilihan profil muncul sebelum match, pengguna dapat memblokirnya agar tidak muncul lagi. Fitur ini hadir sebagai tambahan dari Blokir Kontak dan pemblokiran setelah membuat laporan.

Terkait penipuan online, Tinder juga baru saja meluncurkan sebuah kampanye kesadaran publik terkait pencegahan penipuan asmara (romance scam) di empat negara di Asia Tenggara, yaitu Indonesia, Thailand, Vietnam, dan Singapura. Tinder secara proaktif mengedukasi para pengguna terkait resources (sumber penting) yang dapat diakses. 

Mulai 23 Agustus hingga 6 September 2023, pengguna akan menerima peringatan (alert) saat membuka aplikasi Tinder, di mana mereka diarahkan kepada informasi yang lebih lengkap tentang berhati-hati terhadap penipuan asmara (romance scam) dalam aplikasi. Kampanye ini juga disertai dengan pesan dari tim Tinder dan notifikasi. 

Tinder.

Photo :
  • Dazed Digital

Para pengguna dapat mempelajari tips dari sumber informasi Penipuan Asmara Tinder yang menyarankan secara detail tindakan yang dapat mereka lakukan untuk melindungi diri dari penipuan online. Termasuk metode yang kerap dilakukan oleh para penipu asmara, perangkat keamanan Tinder untuk membasmi penipuan seperti pelaporan (reporting), perangkat verifikasi, dan lainnya.       

Pengguna juga dapat terus mengakses Pusat Keamanan Tinder, sebuah bagian khusus pada aplikasi yang didedikasikan untuk para pengguna terkait fitur keamanan sekaligus menyajikan panduan, perangkat, dan sumber daya yang dibutuhkan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya