Alvinia Christiany, Atasi Stigma Autism di Indonesia Lewat Teman Autis

Alvinia Christiany, co-founder Teman Autis
Sumber :
  • SATU Indonesia

Jakarta – Stigma terhadap autisme di Indonesia masih menjadi masalah serius, dan ini dapat berdampak buruk pada anak-anak dengan autisme dan keluarga mereka. Banyak orang tua yang memiliki anak dengan autisme merasa malu atau cemas mengenai keadaan anak mereka, sehingga seringkali tidak mendapatkan edukasi dan dukungan yang mereka butuhkan untuk membesarkan anak-anak mereka dengan sebaik-baiknya. Teman Autis adalah sebuah organisasi yang berkomitmen untuk mengubah situasi ini.

Parto Patrio Rela Nahan Sakit Demi Tepati Janji Liburan Keluarga ke Bali

Didirikan pada bulan April 2018, Teman Autis adalah sebuah organisasi yang bertujuan untuk memberikan berbagai macam edukasi tentang autisme kepada orang tua yang memiliki anak dengan diagnosis autisme. Organisasi ini berupaya untuk menghilangkan stigma dan meningkatkan pemahaman masyarakat tentang autisme sehingga anak-anak dengan autisme dapat berkembang dengan maksimal.

Organisasi Teman Autis

Photo :
  • Istimewa
Pentingnya Kesehatan di Masa Golden Age Anak, Bakal Tentukan Kondisi Masa Depan

Teman Autis terdiri dari sejumlah individu yang peduli dan berpengalaman. Foundernya adalah Ratih Hadiwinoto, seorang corporate legal counsel yang memiliki latar belakang pendidikan di bidang hukum bisnis. Selain itu, ia juga memiliki gelar Master of Laws dari University College London. 

Sementara, co-foundernya adalah Alvinia Christiany serta 6 anggota lainnya dengan beragam latar belakang berbeda seperti guru anak berkebutuhan khusus, dunia digital marketing, legal counseling dan lain sebagainya. Alvinia Christiany sendiri menjadi penerima penghargaan Semangat Astra Terpadu untuk Indonesia atau SATU Indonesia Awards 2022 di bidang kelompok. 

Hari Buku Sedunia, Starbucks Indonesia Serahkan 8.769 Buku untuk Anak-anak

Alvinia Christiany, co-founder Teman Autis

Photo :
  • SATU Indonesia

Karena terdorong untuk membantu orang tua yang memiliki anak dengan autisme. Teman Autis didirikan sebagai wadah untuk memberikan dukungan kepada keluarga yang memerlukan informasi dan bantuan mengenai autisme.

Salah satu inisiatif utama dari Teman Autis adalah website www.temanautis.com. Website ini dirancang untuk menjadi sumber informasi yang lengkap tentang autisme. Orang tua dan individu yang tertarik dapat mengakses berbagai informasi dasar hingga informasi yang lebih khusus mengenai autisme. Hal ini bertujuan untuk memberikan panduan yang berguna bagi orang tua yang ingin mendukung perkembangan anak-anak mereka yang memiliki autisme.

Selain menjadi sumber informasi, Teman Autis juga telah menjalin kerjasama dengan lebih dari 100 klinik, tempat terapi, dan sekolah di seluruh Indonesia. Kolaborasi ini memungkinkan orang tua dan keluarga yang memiliki anak dengan autisme untuk lebih mudah mengakses sumber daya dan dukungan yang mereka butuhkan.

Dengan komitmen mereka untuk memberikan edukasi dan dukungan yang lebih baik kepada orang tua dan keluarga yang memiliki anak dengan autisme, Teman Autis berperan penting dalam mengubah pandangan dan situasi seputar autisme di Indonesia. Melalui upaya kolaboratif dan informasi yang mereka berikan, diharapkan bahwa stigma seputar autisme dapat dikurangi, sehingga anak-anak dengan autisme dapat tumbuh dan berkembang dengan lebih baik.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya