3 Doa Ziarah Kubur Sesuai Sunnah Islam, Mengenang Mereka yang Telah Pergi

Peziarah berdoa di makam kerabatnya saat ziarah kubur di TPU Pondok Rajeg, Bogor, Jawa Barat, Rabu, 1 Mei 2019.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Yulius Satria Wijaya

Jakarta Ziarah kubur adalah salah satu praktik yang dianjurkan dalam Islam, yang memungkinkan kita untuk mengunjungi dan mendoakan orang-orang yang telah meninggal. Ini adalah momen yang penuh kekhidmatan, di mana kita merenungkan hidup dan kematian, serta mengenang orang-orang yang telah pergi. 

Tragedi DBD, Kisah Meninggalnya Seorang Anak di Lampung

Dalam praktik ini, doa adalah ko7mponen penting, karena doa adalah cara kita berkomunikasi dengan Allah SWT dan memohon keselamatan dan ampunan bagi mereka yang telah meninggal. Di bawah ini, kami akan membahas doa-doa ziarah kubur sesuai sunnah yang dapat dipanjatkan saat mengunjungi kuburan.

Ziarah kubur adalah praktik yang mendalam dalam Islam yang mengingatkan kita akan sementara waktu kita di dunia ini dan bahwa akhirat adalah tujuan akhir. Dalam setiap kunjungan ke kuburan, kita diingatkan tentang akhir hidup dan betapa pentingnya persiapan kita untuk hari kiamat. 

Program Nasional K3 2024-2029 Diluncurkan, Menaker Ida Sebut Agar Maksimal Genjot Pembangunan

Selain itu, ziarah kubur memberi kita kesempatan untuk mendoakan dan memohonkan keselamatan bagi orang-orang yang telah meninggal, serta mengenang jasa-jasa dan pengaruh mereka dalam hidup kita.

Mooryati Soedibyo Meninggal Dunia, Intip Perjalanan Bisnis Mustika Ratu

Doa Pertama

Peziarah berdoa di makam kerabatnya saat ziarah kubur di TPU Pondok Rajeg, Bogor, Jawa Barat, Rabu, 1 Mei 2019.

Photo :
  • ANTARA FOTO/Yulius Satria Wijaya

"Assalamu 'alaikum ya ahlal quboor, ghfirallahu lana wa lakum, antum sabaqtum wa antum tarqoon, wa nahnu bia'taril a'mal."

Artinya: "Salam sejahtera bagi kalian, wahai penduduk kubur. Semoga Allah mengampuni kami dan kalian. Kalian telah mendahului kami, dan kami akan menyusul dengan perbuatan-perbuatan kami."

Doa Kedua

Sejumlah umat Islam berziarah kubur di TPU Kalimulya 1, Depok, Jawa Barat.

Photo :
  • ANTARA FOTO/Asprilla Dwi Adha

"Allahumma innahum kanu yasyhaduna la ilaha illallah wa anna Muhammadan abduhu wa rasuluhu, wayaqra'un kitab Allah, wayasumu wa yaqumun lillah, fabisyahadatihim al-quboor wa yamshuna fiha."

Artinya: "Ya Allah, mereka bersaksi bahwa tidak ada Tuhan selain Engkau dan bahwa Muhammad adalah hamba dan rasul-Mu, mereka membaca kitab-Mu, berpuasa, dan mendirikan shalat untuk-Mu. Maka berilah kabar gembira bagi mereka di dalam kubur dan biarkan mereka berjalan di dalamnya."

Doa Ketiga

Ziarah Kubur Jelang Ramadan

Photo :
  • VIVAnews/Muhamad Solihin

"Allahumma inni zurtu qabra fulanin bin fulan bittalabil ajr wa amartu badani bidhambi, fatusallitu ilayka fabishafa'ati Muhammadin sallallahu 'alayhi wa alihi ta'fu 'anni."

Artinya: "Ya Allah, aku mengunjungi kubur si fulan untuk mencari pahala dan menyadari dosaku. Aku memohon pertolongan-Mu, dan dengan syafa'at Muhammad, semoga Engkau mengampuni dosaku."

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya