Pelajaran Hidup dari Coach Ican, Mengubah Tragedi Menjadi Kekuatan

Coach Ican
Sumber :
  • dok pri

JAKARTA – Coach Ican, seorang entrepreneur dan business coach asal Jakarta, lahir pada 18 Desember 1983, dan kini dikenal sebagai sosok inspiratif yang sukses mengatasi berbagai rintangan hidup. Setelah menyelesaikan pendidikan SMA, Coach Ican melanjutkan studinya di Institut Teknologi Bandung (ITB), mengambil jurusan Matematika dari tahun 2001 hingga 2005, dan melanjutkan studi S2 di BINUS University di jurusan Strategic Management pada tahun 2013 hingga 2016.

Astra Gelar Bincang Inspiratif SATU Indonesia Awards 2024 di Bengkulu, Ratusan Anak Muda Ikut Serta

Karir profesional Coach Ican dimulai di Standard Chartered Bank sebagai Business Intelligence Analytics, lalu berlanjut di Maybank sebagai Head of CCPL Product, Portofolio, Installment. Namun, perjalanan hidupnya tidak selalu mulus. Scroll lebih lanjut ya.

Pada tahun 2007, ia menghadapi tragedi yang menyedihkan ketika ibunya menjadi korban perampokan dan pembunuhan di rumah mereka. Peristiwa ini, ditambah dengan diagnosis penyakit Periodic Paralysis Hypokalemia pada tahun 2018, sempat membuatnya terpuruk, terlilit hutang, dan kehilangan pekerjaan.

Apakah Sekolah Masih Penting? Apakah Generasi Muda Harus Memiliki Cita-Cita?

Dengan semangat yang tak pernah padam, Coach Ican memutuskan untuk bangkit. Dia memulai bisnisnya, Cariilmu, yang berfokus pada pelatihan dan pendidikan. Cariilmu, yang berdiri sejak 2018, telah menjadi Mitra Pelatihan Resmi Kartu Prakerja, menawarkan berbagai program pelatihan interaktif dan inspiratif secara online. Bermodal awal 100 juta rupiah dari pesangon dan BPJS, Coach Ican mengembangkan Cariilmu menjadi salah satu pelatihan top di Program Kartu Prakerja, memberikan pengaruh positif kepada lebih dari 200 ribu orang di Indonesia dalam hal karir dan kewirausahaan.

Gandeng IEP, Kemenag Buka Peluang Sinergi dengan Perguruan Tinggi Amerika

Selain Cariilmu, Coach Ican juga telah menciptakan beberapa brand lain seperti SUAI Skincare dan Buatizin.id, serta program CSR seperti CariKebaikan dan IBJ Academy, yang semuanya berada di bawah naungan PT. Ican Berkah Jaya (IBJ Group). Dengan pengalaman dan keberhasilannya, Coach Ican sering diundang sebagai pembicara di berbagai platform dan acara, termasuk di Maybank x Allianz, Seminar ‘Management Festival’ di Universitas Nasional, hingga menjadi Host untuk CNN Indonesia dalam acara Coronation King Charles di London.

Coach Ican

Photo :
  • dok pri

“Keberhasilan yang kita raih dalam hidup, sepenuhnya bergantung pada kesadaran dan kemauan kita sendiri untuk mengupayakannya. Dan ketika usaha yang kita rintis sendiri mulai membuahkan hasil, pasti ada perasaan puas dan bangga, terutama ketika kita dapat memberikan manfaat bagi banyak orang,” kata Coach Ican.

Kisah Coach Ican menjadi bukti dengan ketekunan, semangat pantang menyerah, dan keinginan untuk memberi manfaat kepada orang lain, seseorang dapat mengatasi keterpurukan dan mencapai puncak kesuksesan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya