5 Perayaan Hari Guru di Berbagai Negara, Ada yang Jadi Libur Nasional

Ilustrasi guru mengajar.
Sumber :
  • Pixabay

VIVA Lifestyle – Pada 25 November kemarin baru saja dirayakan Hari Guru Nasional. Guru disebut sebagai pahlawan tanpa tanda jasa, meski begitu berbagai perayaan dan tradisi dilakukan untuk memberikan penghormatan terhadap mereka.

Melemah di Level Rp 16.220 per Dolar AS, Rupiah Diproyeksi Menguat

Setiap negara memiliki tradisi tersendiri dalam merayakan Hari Guru. Selain memberikan penghormatan, beberapa tradisi juga melakukan berbagai kegiatan menarik. Berikut beberapa tradisi Hari Guru dari berbagai negara dirangkum dari berbagai sumber.

Ilustrasi guru mengajar di sekolah.

Photo :
  • ANTARA FOTO/Ampelsa
Cara BRI Sikapi Ketidakpastian Global dan Era Suku Bunga Tinggi

Thailand

Hari Guru di Negeri Gajah ini dirayakan setiap 16 Januari dan menjadi hari libur nasional. Perayaan Hari Guru sudah dimulai sehari sebelumnya. Di hari ini ini para murid melakukan tradisi membawakan nampan berisi bunga dengan lilin dan dupa, lalu mereka bersimpuh di kaki guru.

Harga Emas Hari Ini 25 April 2024: Produk Antam Melorot, Global Bervariasi

China

China merayakan Hari Guru setiap 10 September dengan tema yang ditentukan oleh Menteri Pendidikan. Pelajar, khususnya anak-anak, biasanya memberikan hadiah buatan sendiri untuk guru. Sementara para alumni akan mengunjungi sekolah untuk bertemu mantan guru mereka.

India

Setiap 5 September India merayakan Hari Guru di mana para murid akan memnuhi ruang kelas dengan kartu ucapan, cokelat, bunga, dan berbagai pertunnukkan sebagai ungkapan terima kasih.

Korea Selatan

Ilustrasi bunga

Photo :
  • Pixabay/Brigitte Werner

Pada Hari Guru pada 15 Mei, para murid yang masih sekolah atau sudah lulus akan memberikan penghormatan pada guru mereka dengan memberikan bunga anyelir merah. Ada pula murid yang memijat kaki guru sebagai bentuk terima kasih. Pemerintah juga memberikan penghargaan kepada guru berprestasi.

Vietnam

Di Vietnam Hari Guru dirayakan setiap 20 November dan menjadi hari libur nasional. Para siswa biasanya akan mengunjungi rumah guru dengan membawa kartu ucapan dan hadiah lainnya.

Untuk menunjang guru dalam menjalankan tugasnya, Aquaproof bersama Daai TV melakukan kegiatan Corporate Social Responsibility (CSR) untuk 100 guru yang berasal dari SDN 05 Marunda, SMPN 290 Marunda, SDN 02 Marunda dan TKN Cilincing 02.

Rangkaian kegiatan yang dilakukan Aquaproof berupa pemeriksaan kesehatan gratis dan pemberian sembako yang dilaksanakan pada hari Rabu, 15 November 2023 dimulai pukul 9.30 WIB. Dalam kegiatan ini, acara dimulai dengan sambutan oleh berbagai pihak yang terlibat mulai dari pihak Daai TV, perwakilan dokter dan tim medis, kepala sekolah serta perwakilan dari Aquaproof.

Kemudian guru-guru yang hadir diperkenankan untuk melakukan pendaftaran terlebih dahulu, selanjutnya mengikuti rangkaian proses pemeriksaan kesehatan seperti pengecekan tekanan darah hingga konsultasi secara langsung
dengan dokter. Setelah selesai melalui keseluruhan proses, Bapak/Ibu guru diberikan obat-obatan sesuai dengan keluhan yang
dihadapi ataupun mendapatkan vitamin yang dibutuhkan. Tidak lupa pemberian sembako dan masker juga diberikan secara langsung kepada masing-masing guru.

“Menyambut Hari Guru yang bertepatan pada tanggal 25 November 2023, izinkan saya mewakili Aquaproof, pelopor cat pelapis anti bocor yang sudah setia melindungi lebih dari 35 tahun, menyampaikan apreasiasi sebesar-besarnya kepada Bapak/Ibu Guru yang hebat, yang sudah berperan penting dalam pembentukan karakter, pengetahuan dan keterampilan peserta didik. Mengajar itu adalah satu profesi yang menciptakan berbagai profesi lainnya, di usia kita saat ini tentu sudah banyak profesi yang kita temui, dan sumbernya tidak terlepas dari peran seorang guru. Suatu kehormatan bagi Aquaproof dapat mengungkapkan rasa terima kasih di hari yang
spesial ini kepada Bapak/Ibu guru, dan ungkapan terima kasih ini diwujudkan dalam bentuk kegiatan pemeriksaan kesehatan dan pembagian sembako,” kata Vera Veliria, Marketing Communication Manager PT. Adhi Cakra Utama Mulia

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya