Kapal Pembersih Sungai Cisadane dari Coldplay Udah Sampe, Bisa Angkut 6 Ton Sampah Sehari

Kapal pembersih sampah dari Coldplay.
Sumber :
  • VIVA/Sherly

TANGERANG – Pemerintah Kabupaten Tangerang telah menerima Kapal Neon Moon II. Kapal berjenis interceptor yang merupakan bantuan The Ocean Cleanup dan Coldplay ini, telah berada di Sungai Cisadane Tanjung Burung, Kecamatan Teluk Naga, Kabupaten Tangerang, pada Senin, 27 September 2023 kemarin.

Nyamannya Naik Gunung Terbersih di Indonesia

Kapal yang diperuntukkan sebagai pembersih sampah ini, akan lebih dulu dilakukan uji coba, sebelum nantinya dioperasikan secara menyeluruh pada awal 2024. Yuk, scroll untuk info selengkapnya.

Sekretaris Daerah Kabupaten Tangerang, Moch Maesyal Rasyid mengatakan, kapal bantuan dari band ternama asal Inggris ini, akan mampu membawa sampah dengan kapasitas 6 ton per hari.

KPU Akan Batasi Maksimal 600 Pemilih Per TPS untuk Pilkada 2024

"Kapasitasnya 6 ton per hari. Yang mana, otomatis dengan ini, permasalahan sampah di sungai bisa teratasi," katanya, Selasa, 28 September 2023.

Pemkot Tangsel Tiap Hari Berjibaku Atasi 1000 Ton Sampah, Benyamin: Persoalan yang Serius

Sementara itu, Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) Kabupaten Tangerang Fachrul Rozi mengatakan, untuk memaksimalkan pengoperasian, pihaknya tengah melakukan training kepada 12 orang untuk dapat mengoperasikan kapal penyedot sampah Neon Moon II.

"Saat ini kita sudah menyiapkan 12 orang tenaga pekerja untuk ditraining pengoperasiannya, dan Januari 2024 diharapkan kita operasikan secara menyeluruh," ujarnya.

Setelah beroperasi, nanti kapal sampah tersebut akan membersihkan sampah di Sungai Cisadane, selanjutnya sampah yang didapat akan dibawa ke Tempat Pembuangan Sampah (TPS), lalu dipilah dan akan dimanfaatkan sebagai pupuk dan didaur ulang menjadi produk-produk yang dapat dipakai kembali oleh masyarakat.

"Kapal ini bisa menampung lebih  6 ton sampah plastik dari Sungai Cisadane yang selanjutnya dibawa ke penampungan sampah dan diolah kembali," ungkapnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya