Unik, Ada Pameran Lukisan Berbalut Wayang Kartun

Pameran lukisan Kie Art Project.
Sumber :
  • Kie Art.

CILACAP – Pameran lukisan Kie Art Project, bertajuk Aku dan Diriku, sukses digelar pada 23-31 Desember 2023 di Paragraf Coffee Eatery, Cilacap. Pameran karya seni ini menghadirkan karya para pemuda Kie Seni Alexa dan Rakhma serta Seniman Senior Budi Setiyawan.

Festival Pameran K-Pop Terbesar Siap Digelar 45 Hari! Musik, Film, Merchandise Ada di Sini

Gita Thomdean, Founder Kie Art Project menjelaskan, Aku dan Diriku sebenarnya adalah karya yang menggambarkan jiwa yang meraih kebahagiaan yang sesungguhnya tanpa kemelekatan. Yuk, scroll untuk info selengkapnya.

"Berani menghadapi dunia tanpa topeng dan melihat sesamamu adalah diriku. Aku dan Diriku akan bertemu dalam suara hati," ujar Gita dalam keterangannya, dikutip Senin 1 Januari 2024.

Pameran Festival PPKL, MIND ID Paparkan Upaya Jaga Lingkungan

Gita yang juga merangkap sebagai penulis naskah Wayang Kartun menjelaskan rangkaian dari pameran seni ini disempurnakan dengan hadirnya pagelaran Wayang Kartun oleh Pemuda Kie Seni Kie Wayang dan Kie Karawitan yang dinaungi oleh Kie Art Project sebagai salah satu pusat kesenian di kota Purbalingga, Jawa Tengah.

Fourtwnty Tutup Jakarta Lebaran Fair dengan Manis 

Wayang Kartun dengan dalang Adam Fauzi Guntar ini, merupakan salah satu identitas baru dari Cartoon Village Sidareja Purbalingga. Wayang Kartun ini mengangkat cerita kafe yang bertransformasi sebagai ruang kreatif yang diwarnai dengan berbagai kolaborasi pemikiran yang semakin memiliki nilai dalam kemajuan bangsa khususnya membentuk karakter. 

Slamet Santosa yang juga Founder Kie Art Project menyambut hangat ketika ide kolaborasi ini terlontar dari Romi Angger Hidayat. Romi sendiri percaya, banyak potensi yang dapat digali sebagai ruang apresiasi seni ataupun aktivitas pelestarian seni budaya di daerahnya.

Satu hari setelah opening, kolektor muda kota Cilacap sekaligus komisaris dari salah satu perusahaan properti di Indonesia, Kaisar Kiasa Kasih Putra, datang mengapresiasi seni dengan membeli dua lukisan, yang bertema The Love Wave dan The World Leaders.

Makna dari lukisan tersebut selain dari gambaran pohon besar dengan berbagai makhluk indah hinggap dan sepasang manusia yang saling melihat dengan dalam, lukisan ini memiliki sinkronisasi dengan profil Kaisar Kiasa Kasih Putra.

Sementara, The World Leaders, merupakan karya yang di-request custom, dengan menampilkan dua tokoh dunia bersama yang mengapit seorang Kaisar Kiasa Kasih Putra yang menjadi sebuah karya yang penuh dengan doa. 

Dengan banyaknya minat para pengusaha muda kota Cilacap akan karya Kie Art Projects di pameran Aku dan Dirimu, Slamet Santosa dan Romi Angger Hidayat sepakat bahwa kota Cilacap memiliki potensi kolektor muda yang juga berkelas, di mana hal ini dapat menjadi tanda geliat seni di kota ini yang sedang bangkit. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya