Salat Berikan Ganjaran Surga, Begini Sakralnya Isra Miraj Menurut Gus Baha

Ilustrasi salat/mengajarkan anak salat.
Sumber :
  • Freepik/rawpixel.com

VIVA Lifestyle – Peristiwa Isra' Mi'raj merupakan salah satu perjalanan paling signifikan dalam riwayat kehidupan Rasulullah SAW. Di hari Isra' Mi'raj ini, Tercermin sebuah perjalanan penuh kepahlawanan dalam mencapai kesempurnaan spiritual dunia. Isra' Mi'raj bukanlah perjalanan yang biasa. Rasulullah melakukan perjalanan dari Masjidil Haram ke Masjidil Aqsa, lalu dinaikkan ke langit ketujuh, semua itu terjadi dalam satu malam.

PM Muslim Pertama Skotlandia Mundur dari Jabatan Usai Kirim Bantuan ke Gaza

Biasanya, di hari-hari besar Islam, masyarakat Muslim di Indonesia suka mengadakan perayaan sebagai wujud rasa syukur terhadap nikmat Allah SWT. Ada acara-acara pengajian, sholawatan, hingga dzikir bersama di rumah ataupun masjid yang dilaksanakan untuk menambah amalan kebaikan di hari besar seperti Isra' Mi'raj ini. Tak lupa juga menunaikan ibadah shalat di tengah kegembiraan perayaan. Scroll lebih lanjut ya.

Dari perjalanan spiritual Rasulullah SAW ini, lahirlah perintah salat yang menjadi kewajiban bagi semua umat muslim semasa hidup. Menurut Gus Baha, shalat adalah salah satu ibadah yang sangat spesial karena menawarkan surga sebagai ganjarannya.

Aturan Baru, Arab Saudi Izinkan Semua Jenis Visa Bisa Ibadah Umrah

"Salat itu spesial karena saya membayangkan itu di surga kalau nggak ada salat terus mau ngapain? Nggak asik," kata Gus Baha, mengutip video YouTube @syehkemplu2526, Kamis 8 Februari 2024.

Hattrick! Pendeta Gilbert Dilaporkan Lagi soal Penistaan Agama ke Polda Metro

Gus Baha menjelaskan bahwa Imam Ghazali pernah mengibaratkan kehebatan manusia dengan kehebatan makhluk ciptaan Allah SWT lainnya. Misalnya, ketika seseorang merasa bangga bisa makan banyak, padahal kerbau juga porsi makannya jauh lebih besar. Begitu juga ketika seseorang terlalu bangga karena merasa punya pengaruh besar terhadap orang lain, padahal ada ratu tawon yang hanya berdiam diri di sarangnya namun anak buah tawon yang lain dengan setia melayaninya.

Dari perjalanan malam Rasulullah ke Siddratul Muntaha dan mendapatkan perintah shalat, inilah yang patut dibanggakan oleh umat manusia.

KH Bahauddin Nursalim atau Gus Baha

Photo :
  • Nu Online

Dalam gerakan shalat itu sendiri, sebenarnya umat muslim dapat mengungguli semua ibadah yang dilakukan oleh malaikat. Jika malaikat hanya beribadah dengan berdiri atau sujud saja, namun umat muslim dapat melakukan hal tersebut dalam satu kali rakaat shalat.

"Artinya, yang manusia banggakan itu ya dengan shalat karena ini ibadah yang tidak tertandingi oleh makhluk. Apalagi dalam shalat itu ada semua gerakan yang mewakili semua ibadahnya malaikat. Malaikat itu ada yang ibadahnya berdiri terus, ada yang ruku' terus, ada yang sujud terus. Dan shalat itu mewakili semuanya. Juga mewakili sosial karena setelah shalat kita bilang assalamualaikum. Bahwa keselamatan ada di kanan dan kiri. Itu sakralnya Mi'raj," jelas Gus Baha.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya