Lomba Bank Sampah yang Digelar Dinas Lingkungan Hidup Tangsel Jadikan Momentum Peringatan HPSN 2024

Dinas Lingkungan Hidup Tangsel gelar lomba Bank Sampah
Sumber :
  • Dinas Lingkungan Hidup Tangerang Selatan

VIVA – Sampah jadi salah satu masalah yang belum tuntas di Indonesia. Seperti diketahui, membuang sampah sembarangan mendatangkan banyak masalah, mulai dari bau yang tidak sedap, banjir sampai penyakit.

Nyamannya Naik Gunung Terbersih di Indonesia

Memperingati Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) menjadi momentum bagi pengelolaan sampah secara berkelanjutan sekaligus memberikan dampak positif terhadap kontribusi upaya penurunan emisi gas rumah kaca. Tak hanya itu, kepedulian terhadap sampah dan lingkungan dapat memberi dampak positif pada kesehatan yang kerap tak disadari masyarakat luas.

Ribuan Rumah dan Ratusan Hektare Sawah di Tasikmalaya Terendam Banjir

HPSN yang diperingati setiap tanggal 21 Februari merupakan sebuah konstelasi perjalanan panjang sistem pengelolaan sampah. Bukan hanya fokus ke pengelolaan sampah terintegrasi saja, namun dapat memberikan dampak yang lebih besar terhadap lingkungan dan ekosistem kehidupan global yaitu pengendalian perubahan iklim melalui penurunan emisi gas rumah kaca dari sektor limbah.

Sampah plastik merupakan salah satu jenis sampah yang memberikan ancaman serius terhadap lingkungan karena selain jumlahnya cenderung semakin besar, kantong plastik adalah jenis sampah yang sulit terurai oleh proses alam (non biodegradable) dan merupakan salah satu pencemar xenobiotik (pencemar yang tidak dikenal oleh sistem biologis di lingkungan mengakibatkan senyawa pencemar terakumulasi di alam).

Sindir Heru Budi, Ketua DPRD: Siapapun Pj Gubernurnya Kalau Gak Radikal Ya Jakarta Tetap Banjir

Penggunaan plastik untuk kebutuhan manusia dari kebutuhan rumah tangga, bangunan, sampai kebutuhan sehari-hari kita tidak lepas dari plastik. Plastik semakin hari semakin tinggi volume penggunaannya yang jika tidak ditangani atau hanya dibiarkan menjadi sampah akan menyebabkan permasalahan bagi lingkungan dan manusia.

Dampak yang ditimbulkan dari sampah plastik, misal sampah plastik dibakar secara terbuka (open burning) dapat menyebabkan polusi udara yang dapat menimbulkan penyakit kanker, pada dosis yang lebih besar bisa mengakibatkan sakit kulit yang serius yang disebut ‘chloracne’. Sampah plastik juga dapat mencemari saluran air, irigasi, sungai, danau, pantai dan tanah.  Dalam jumlah tertentu, sampah plastik terbukti menyumbat saluran atau sungai yg dapat mengakibatkan banjir. Maka setiap tanggal 21 Februari diperingati sebagai Hari Peduli Sampah. Bencana banjir merupakan sejarah kelam yang menandai kegagalan sistem pengelolaan sampah yang selama ini dijalankan di Indonesia.

Dalam peringatan HPSN 2024, Dinas Lingkungan Hidup Tangerang Selatan bersama Penggiat Lingkungan Tangsel mengadakan lomba Bank Sampah dan Lingkungan Se-Kecamatan Ciputat.

Pada selasa (13/02) Dinas Lingkungan Hidup Tangerang Selatan mengadakan rapat pleno hasil penilaian lomba Bank Sampah Se-Kecamatan Ciputat bersama tim Penilai dari DLH, Kasi PM dan Kasi Ekbang Kecamatan Ciputat, Kasi Ekbang Kelurahan se-Kecamatan Ciputat, Penyuluh Bank Sampah wilayah Kecamatan Ciputat, Penggiat Lingkungan dan Perbanusa. Hasil rapat pleno tersebut akan diumumkan pada awal bulan Maret 2024.

Pihak Dinas Lingkungan Hidup Tangerang Selatan mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah berpartisipasi dalam kegiatan ini, dan memohon do'a semoga gelaran Lomba Bank Sampah dan Lingkungan Se-Kecamatan Ciputat yang telah terlaksana sejak 26 Januari-6 Februari 2024 dapat berjalan lancar.

Lomba ini juga diharapkan bisa memberikan hasil yang baik dalam pengelolaan SKL sampah, kebersihan, lingkungan. Selain itu diharapkan partisipasinya dan doanya untuk kelancaran shodaqoh bumi bersih-bersih makam wakaf (TPBU) Muawanah Rw 01 serua untuk memperingati HPSN 2024 serta menyongsong Ramadhan 1445 H pada hari minggu 3 maret 2024.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya