Peringati Hari Peduli Sampah Nasional, Dinas Lingkungan Hidup Tangsel Gelar Lomba Bank Sampah

Tim penilaian lomba Bank Sampah Tangerang Selatan
Sumber :
  • Dinas Lingkungan Hidup Tangerang Selatan

VIVA – Sampah merupakan salah satu isu lingkungan yang menjadi permasalahan bersama dan dalam upaya menciptakan lingkungan yang lebih bersih serta sehat. Fasilitas Bank Sampah merupakan bukti nyata dalam mengubah kebiasaan masyarakat untuk lebih peduli terhadap lingkungan agar terciptanya masyarakat yang mampu mengelola sampah rumah tangga dengan baik dan benar secara mandiri.

Pameran Festival PPKL, MIND ID Paparkan Upaya Jaga Lingkungan

Dinas Lingkungan Hidup Tangerang Selatan bersama Penggiat Lingkungan Tangsel memperingati Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) dengan terapkan gerakan sadar sampah guna mewujudkan Tangerang Selatan yang leih bersih dan hijau lewat kesadaran untuk menanggulangi dan memanfaatkan sampah secara baik. Dinas Lingkungan Hidup Tangerang Selatan mengajak semua pihak untuk bekerja sama dan turut terlibat melalui tiga aksi nyata yaitu mengurangi, memilah, dan mengolah sampah.

Pj Bupati Purwakarta Ingatkan Integritas ASN dan Mitigasi Wabah DBD

Salah satu aksi nyata yang dilakukan Dinas Lingkungan Hidup Tangerang Selatan dalam memperingati HPSN yaitu dengan mengadakan Lomba Bank Sampah dan Lingkungan Se-Kecamatan Ciputat. Sebelumnya, tim penilai Lomba Bank Sampah dan Lingkungan Se-Kecamatan Ciputat mengadakan koordinasi, bertempat di ruang rapat Kantor Kecamatan Ciputat, dipimpin langsung oleh Camat Ciputat didampingi Kasi Pemberdayaan Masyarakat dan Kasi Ekbang, pada Rabu (24/01). Hadir juga perwakilan DLH Tangerang Selatan, Para Kasi Ekbang Kelurahan Se-Kecamatan Ciputat, penyuluh bank sampah, Perbanusa dan Penggiat Lingkungan.

Hari Kedua Pasca-Libur Lebaran, Kualitas Udara di Jakarta Terburuk Kelima di Dunia

Dalam pertemuan tersebut dibuat pembentukan tim penilai yang terdiri dari 2 tim, masing-masing tim terdiri dari unsur DLH, Kecamatan, Kelurahan, dan Penggiat Lingkungan untuk Penyuluh bank sampah Kecamatan Ciputat sebagai tim pemandu jalan turun ke masing-masing bank sampah. Selain itu juga dibahas mengenai penjadwalan tim penilai turun yang akan dimulai dari tanggal 26 Januari - 9 Februari 2024. Serta penyerahan Permen KLHK No.14 Th 2021 kepada Kasi.Ekbang kelurahan Se-Kecamatan Ciputat sebagai acuan dalam pembuatan SK Bank Sampah.

Penilaian Lomba Bank Sampah dan Lingkungan Se-Kecamatan Ciputat di BS Anggrek Berkah di Kantor Walikota Tangerang Selatan pada Jum'at (26/01). Sebelum penilaian dimulai, diadakan sosialisasi eco enzyme oleh penyuluh EE DLH Tangsel dan dilanjut penimbangan Sampah anorganik, tim 2 penilai lomba yg terdiri dari DLH Tangerang Selatan, Kasi Ekbang Kecamatan Ciputat, Kasi Ekbang Kelurahan Ciputat, penggiat lingkungan dan Perbanusa tim diterima oleh Ketua BS Angrek Berkah, Lia istri dari Kadis Cipta Karya, Rina wahyunoto, Tin Widodo, Dewi Teguh, dan Dian.

Penilaian Lomba Bank Sampah dan Lingkungan Se-Kecamatan Ciputat tetap berjalan dalam kondisi hujan, pada Sabtu (27/01). Ada 8 titik penilaian di Bank Sampah:

  1. Griya Zaskia Madani, Kelurahan Sawah Baru
  2. Kartini 5, Kelurahan Serua
  3. Aster, Kelurahan Serua
  4. Kartini 7, Kelurahan Serua
  5. Sakura, Kelurahan Serua
  6. Manyar 21, Kelurahan Serua
  7. Fasco 22, Kelurahan Serua
  8. Wira Peduli, Keluarahan Serua

Tim penilai terdiri dari DLH Tangerang Selatan, Kasi PM dan Kasi Ekbang Kecamatan Ciputat, Kasi Ekbang Kelurahan Jombang, staf Kasi Ekbang Kelurahan Ciputat, Penyuluh Bank Sampah, Penggiat Lingkungan dan Perbanusa Kota Tangernag Selatan.

Penilaian juga dilakukan di wilayah Kelurahan Serua Indah. Meskipun dalam kondisi hujan tidak menyurutkan semangat dari tim penilai lomba Bank Sampah dan Lingkungan. Pengurus bank sampah dan masyarakat antusias menyambut kedatangan tim penilai Lomba Bank Sampah dan Lingkungan, pada Selasa (30/01) di wilayah Kelurahan Serua Indah ada 5 bank sampah yg mengikuti lomba yaitu:

  1. BS.Berkah Mulya
  2. BS.Go clean
  3. BS.Bakti Bersih
  4. BS.Tulip
  5. BS.PBR

Adapun tim penilai Lomba Bank Sampah dan Lingkungan dari DLH Tangerang Selatan, Kasi PM dan Kasi Ekbang Kecamatan Ciputat Kasi Ekbang Kelurahan Serua dan Kasi Ekbang Kelurahan Cipayung dan Penggiat Lingkungan turut Mendampingi tim penilai Lomba Bank Sampah dan Lingkungan yaitu Lurah dan Kasi Ekabang Kelurahan Serua Indah, staf Kasi PM Kecamatan Ciputat, Penyuluh BS wilayah Kecamatan Ciputat, Pokja 4 (empat) PKK Kelurahan Serua Indah dan Perbanusa Kota Tangerang Selatan.

Penilaian terakhir Lomba Bank Sampah dan Lingkungan dilaksanakan pada Selasa (06/02), di Kelurahan Cipayung dan Kelurahan Jombang yaitu:

  1. BS.Melati, Kelurahan Jombang
  2. BS.Vilbin, Kelurahan Jombang
  3. BS.CSJ, kelurahan Jombang
  4. BS.Yes Nerada, Kelurahan Cipayung
  5. BS.Emas, Kelurahan Cipayung

Tim penilai terdiri dari DLH Tangerang Selatan, Kasi PM dan Kasi Ekbang Kecamatan Ciputat, Kasi Ekbang Kelurahan Sawah Baru, Kasi Ekbang Kelurahan Serua Indah dan Penggiat Lingkungan turut mendampingi Lurah dan Kasi Ekbang Kelurahan Jombang, staf Kasi PM, Penyuluh BS, Perbanusa Kota Tangerang Selatan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya