Daftar Amalan yang Wajib Dijalankan saat Puasa, Bisa Tingkatkan Pahala

Membaca Alquran saat puasa Ramadhan. (Foto ilustrasi)
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra

Jakarta – Puasa merupakan salah satu ibadah penting dalam agama Islam yang dilakukan oleh umat Muslim di seluruh dunia. Selain menahan diri dari makan dan minum dari terbit fajar hingga terbenam matahari, terdapat berbagai amalan yang dapat dilakukan untuk meningkatkan pahala selama bulan suci Ramadan

5 Tips Ampuh untuk Hilangkan Lemak Perut yang Bikin Susah Gerak

Menjaga Salat dan Membaca Al-Qur'an

Sholat sunnah

Photo :
  • Freepik/rawpixel.com
Aturan Baru, Arab Saudi Izinkan Semua Jenis Visa Bisa Ibadah Umrah

Salah satu amalan yang sangat dianjurkan selama bulan Ramadan adalah meningkatkan ibadah salat dan membaca Al-Qur'an. Menghabiskan waktu untuk shalat lima waktu secara berjamaah di masjid atau di rumah, serta membaca Al-Qur'an dengan memahami maknanya, akan meningkatkan keberkahan dalam ibadah puasa. 

Rasulullah SAW bersabda,“Barang siapa yang membaca satu huruf dari kitab Allah, maka baginya satu kebaikan. Satu kebaikan itu dibalas dengan sepuluh kali lipatnya." (HR. Tirmidzi)

Kementerian Haji Meminta Jemaah Umrah Harus Keluar dari Arab Saudi pada 6 Juni

Bersedekah 

Ilustrasi sedekah

Photo :

Ramadan adalah bulan penuh berkah di mana pahala sedekah dilipatgandakan. Memberikan sedekah kepada yang membutuhkan, baik dalam bentuk makanan, uang, atau bantuan lainnya, adalah amalan yang sangat dianjurkan. 

Rasulullah SAW bersabda, "Barangsiapa memberi makan orang yang berpuasa, maka baginya pahala seperti orang yang berpuasa tersebut, tanpa mengurangi pahala orang yang berpuasa itu sedikit pun juga." (HR. Tirmidzi)

Berbuat Baik dan Menjaga Lisani

Ilustrasi berbicara - ngobrol - meeting - rapat.

Photo :
  • Freepik

Selain menjaga puasa dari makan dan minum, penting juga untuk menjaga lisan dari perkataan yang buruk atau menyakiti. Berbicara dengan lembut, menghindari gosip, dan memberikan kata-kata yang menghibur dan memotivasi kepada sesama merupakan amalan yang dianjurkan selama bulan Ramadan. 

Rasulullah SAW bersabda, "Barangsiapa yang tidak meninggalkan perkataan dusta malah mengamalkannya, maka Allah tidak butuh dari rasa lapar dan haus yang dia tahan." (HR. Bukhari)

Memperbanyak Doa dan Istighfar

Ilustrasi berdoa.

Photo :
  • Freepik

Momen berpuasa adalah waktu yang sangat baik untuk memperbanyak doa dan istighfar. Memohon ampunan kepada Allah SWT atas dosa-dosa yang telah dilakukan serta memperbanyak doa untuk keselamatan, kesejahteraan, dan kebahagiaan bagi diri sendiri, keluarga, dan umat manusia akan meningkatkan keberkahan dalam ibadah puasa. 

Rasulullah SAW bersabda, "Doa seorang muslim untuk saudaranya yang tidak hadir di sisinya, di sisi seorang malaikat di atas awan yang berkata, 'Amin, dan untuk engkau juga demikian'." (HR. Muslim)

Menjaga Hubungan Silaturahmi

Ilustrasi keluarga kecil.

Photo :
  • dok. Asuransi Astra, HappyOne.id

Membina dan memperkuat hubungan silaturahmi dengan keluarga, tetangga, dan sesama Muslim merupakan amalan yang sangat dianjurkan selama bulan Ramadan. Berkunjung, mengirimkan ucapan selamat berpuasa, atau memberikan hadiah kepada orang-orang terdekat akan meningkatkan keberkahan dalam ibadah puasa. 

Rasulullah SAW bersabda, "Barangsiapa yang menghubungkan hubungan kekeluargaan, maka Allah akan menghubungkan hubungan dengan dia, dan barangsiapa yang memutuskan hubungan kekeluargaan, maka Allah akan memutuskannya juga dengannya." (HR. Bukhari & Muslim)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya