6 Tips Mengajarkan Anak untuk Berpuasa, Dijamin Kuat Sepanjang Hari

Sahur
Sumber :
  • Milo

Jakarta – Puasa adalah ibadah penting dalam agama Islam yang dilakukan oleh jutaan umat di seluruh dunia. Bagi anak kecil, menjalani puasa bisa menjadi tantangan tersendiri karena tubuh mereka masih dalam masa pertumbuhan dan belum terbiasa dengan pola makan yang terbatas. 

Netizen Kritik Adab Nagita Slavina Kasih Bekas Makanan dari Gigitannya ke Karyawan RANS

Namun, dengan persiapan yang tepat dan perhatian ekstra dari orang tua, anak-anak juga dapat menjalankan puasa dengan lancar. Berikut adalah beberapa tips untuk membantu anak kecil agar tetap kuat dan sehat selama berpuasa.

1. Persiapan Fisik dan Mental

Alasan Nikita Willy Biarkan Baby Issa Makan Sambil Ngantuk

Anak bisa mulai diajarkan berpuasa

Photo :
  • Tokopedia

Sebelum memulai bulan puasa, bantu anak untuk mempersiapkan diri secara fisik dan mental. Ajarkan mereka arti pentingnya puasa dalam agama Islam dan dorong mereka untuk memiliki niat yang kuat. Berbicaralah dengan anak tentang kesabaran, ketekunan, dan rasa syukur yang dapat diperoleh dari menjalankan puasa.

Kondisi Anak Isa Bajaj Alami Kekerasan Kemaluan Ditendang, Sampai Periksa ke Poli Kandungan

2. Sahur yang Nutritif

Sahur

Photo :
  • Milo

Pastikan anak sarapan dengan makanan yang mengandung karbohidrat kompleks, protein, serat, dan vitamin. Makanan seperti oatmeal, telur, roti gandum, buah-buahan, dan sayuran akan membantu memberikan energi yang bertahan lama dan menjaga kadar gula darah stabil.

3. Minum Air yang Cukup

Ilustrasi bahaya kurang minum

Photo :
  • vstory

Penting untuk memastikan anak cukup minum air saat sahur dan setelah berbuka. Hindari minuman berkafein dan berperisa tinggi yang dapat menyebabkan dehidrasi. Air adalah kunci untuk menjaga tubuh tetap terhidrasi dan mengatasi dehidrasi selama puasa.

4. Hindari Aktivitas yang Berat

Ilustrasi anak sekolah

Photo :
  • Freepik/Tatiana_gordievskaya1

Anak-anak mungkin perlu mengurangi aktivitas fisik yang berat selama berpuasa, terutama saat cuaca panas. Dorong mereka untuk beristirahat lebih banyak dan hindari berjemur di bawah sinar matahari secara berlebihan. Aktivitas ringan seperti membaca buku atau menonton film dapat menjadi pilihan yang baik selama siang hari.

5. Makanan Berbuka yang Seimbang

Hidangan buka puasa di Sana Sini Restaurant, Pullman Jakarta.

Photo :
  • Pullman Jakarta

Saat berbuka, pastikan anak mengonsumsi makanan yang seimbang dan mengandung nutrisi yang mencukupi. Mulailah dengan kurma dan air putih, kemudian lanjutkan dengan hidangan utama yang mengandung karbohidrat, protein, lemak sehat, serta sayuran dan buah-buahan.

6. Perhatikan Tanda-tanda Kesehatan

Ilustrasi anak sakit.

Photo :
  • Freepik

Selalu perhatikan tanda-tanda kesehatan anak selama berpuasa. Jika anak terlihat lemah, pusing, atau mengeluh sakit perut yang berlebihan, hentikan puasanya dan berikan makanan dan minuman yang cukup. Kesehatan anak harus menjadi prioritas utama.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya