Jadi Salah Satu Wanita Tersukses, Valeriana Rosmaya Awalnya Cuma Jualan Selimut dari Rumah ke Rumah

Valeriana Rosmaya.
Sumber :
  • Dok Valeriana Rosmaya.

VIVA Lifestyle – Kesetaraan gender yang mulai berkembang membawa perubahan penting pada peluang bisnis di Tanah Air. Tak sedikit wanita yang saat ini sudah mahir membangun bisnisnya sendiri berkat kemajuan zaman.

Astra Gelar Bincang Inspiratif SATU Indonesia Awards 2024 di Bengkulu, Ratusan Anak Muda Ikut Serta

Kegigihan wanita yang ingin mandiri dari segi finansial, menjadikan mereka konsisten pada langkah yang diambil untuk memulai usaha. Tak heran jika saat ini banyak pengusaha muda wanita yang mulai mengeluarkan taringnya. Scroll untuk tahu informasi selengkapnya, yuk!

Salah satunya adalah Valeriana Rosmaya yang merupakan Presiden Director sekaligus Founder dari Val The Consultant. Bersama sang kakak, Valentina Maya Sari, Valeriana membangun perusahaan jasa rekruitmen dan manajemen jasa pekerja rumah tangga domestik terbesar di Indonesia dan Internasional. Val The Consultant hadir sebagai solusi kebutuhan pengasuh anak, asisten rumah tangga (ART) dan sopir keluarga.

Maknai Semangat RA Kartini, Shandy Purnamasari: Perempuan Tak Cuma Jadi Istri dan Ibu

Kerja keras yang telah terbentuk sejak usia muda, membawa bungsu dari dua bersaudara ini mendapatkan penghargaan sebagai salah satu wanita sukses di Indonesia 2024. Penghargaan tersebut diselenggarakan oleh Mediatama Award Management.

Penyair Joko Pinurbo Meninggal Dunia

Penghargaan ini merupakan salah satu wujud apresiasi atas prestasi yang berhasil dicapai oleh para pengusaha muda. Keberhasilan mereka dalam membangun usaha, telah membantu mengurangi angka pengangguran di Tanah Air.

"Saya bersyukur sekali bisa menerima penghargaan ini. Menjadi salah satu wanita sukses di Indonesia tentu bukanlah hal mudah. Semua melalui proses yang panjang dan tentunya optimisme bahwa kerja keras ini bisa bermanfaat bagi banyak orang," kata dia saat menerima penghargaan pada 23 Februari 2024 lalu.

Baginya, pencapaian ini membuktikan bahwa wanita kian berkembang dalam membangun usaha atau bisnisnya sendiri. Juga, sebagai wujud penilaian terhadap kerja keras dirinya dalam membangun perusahaan yang dirintisnya selama belasan tahun.

"Tentu dengan adanya penghargaan ini semakin membuat saya lebih semangat lagi untuk memberikan kontribusi nyata kepada masyarakat," ungkapnya.

Dijelaskan lebih lanjut oleh wanita kelahiran 15 Desember 1989 ini, sebagai wanita perlu kiranya untuk membangun usaha atau bisnis sendiri. Karena menurutnya, pasang surut kehidupan tidak pernah bisa diprediksi, ketika ada hal buruk terjadi dari sisi finansial, wanita tetap bisa berdiri tegak berkat usaha yang digelutinya.

"Singkatnya, jika seorang wanita ikut membantu pasangan dalam memenuhi finansial, dan pekerjaan suami tidak berjalan baik, usaha tersebut bisa jadi penopang keuangan mereka," tambah wanita yang berhasil meraih Successful Women Award 2024.

Dianugerahi penghargaan sebagai Successful Women Award 2024 membuat Valeriana semakin optimis untuk membuka lapangan pekerjaan baru ke depannya guna berkontribusi langsung pada negara dalam mengentaskan pengangguran.

"Bagi saya, hidup ini harus bisa berguna untuk orang lain. Selalu ada cara untuk membantu banyak orang," bebernya.

Valeriana mulai membangun bisnisnya sejak usia 18 tahun, dengan berjualan selimut dari rumah ke rumah, Tidak hanya itu saja, Valeriana juga membangun usaha lain di bidang F&B (restoran). Kemudian, pada 2012 dirinya bersama sang kakak turut membangun dan membesarkan Val The Consultant.

Saat itu, Valeriana merasa prihatin dengan kondisi sang kakak ketika harus bergonta ganti pengasuh. Untuk itulah, Val The Consultant didirikan untuk membantu memberikan solusi bagi masyarakat yang merasa kesulitan mempekerjakan pekerja rumah tangga profesional.

"Kami berdua tidak ingin kejadian serupa terjadi pada keluarga lainnya. Betapa sulitnya mempekerjakan pengasuh maupun pekerja rumah tangga yang profesional saat itu," ungkapnya yang telah menyalurkan lebih dari 25 ribu pekerja ke seluruh Indonesia ini.

Pesan Untuk Wanita Indonesia
Keberhasilan Valeriana tidak hanya di bidang entrepreneur saja, dirinya juga merupakan motivational speaker dan juga life mentor (millennials mental health). Untuk itu, Valeriana ingin wanita di Indonesia lepas dari keterpurukan mental serta mampu berdaya saing.

"Wanita harus percaya diri untuk bergerak maju, keluar dari zona nyaman dan berani mewujudkan mimpinya sendiri. Wanita harus produktif untuk menciptakan perubahan demi meningkatkan kesejahteraan," kata lulusan Psikologi Universitas Surabaya ini.

Dengan penghargaan yang diterimanya ini, Valeriana berharap bisa menjadi motivasi atau menginspirasi bahkan mendorong pemberdayaan wanita lainnya dengan berbagai latar belakang maupun profesi.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya