Daebak! Indonesia Peringkat Pertama Negara dengan Fans K-Pop Terbanyak di Dunia

BTS
Sumber :
  • IG @bts.bighitofficial

JAKARTA – Antusiasme masyarakat Tanah Air terhadap budaya Korea Selatan, seperti musik, film dan drama, semakin tinggi di Indonesia. 

Anak Shin Tae-yong: Meskipun Warga Korsel, Saya Dukung Timnas Indonesia

Dilaporkan Good Stats, Indonesia menduduki posisi pertama dengan jumlah fans K-Pop terbanyak di dunia. Berangkat dari data tersebut, banyak brand Indonesia yang mulai melirik artis Korea untuk berkolaborasi mempromosikan produknya secara lebih luas. Yuk, scroll untuk info lengkapnya.

K-Playlist yang merupakan partner langsung dan resmi dari agensi K-Pop memberikan sebuah apresiasi kepada brand yang telah bekerjasama dengan artis Korea lewat ajang K-Playlist Annual Community Award (KACA).

Ini Alasan Nathan Tjoe-A-On tak Ambil Penalti saat Timnas Indonesia Tekuk Korea Selatan

"Selain menaungi lebih dari 20 komunitas fans K-Pop di Indonesia, K-Playlist juga merupakan direct partner dan resmi dari perusahaan K-Pop besar seperti HYBE Entertainment, YG Entertainment dan perusahaan lainnya untuk menangani kerja sama brand ambassador dan lisensi produk," kata Jennifer Heryanto, Co-Founder K-Playlist, dalam keterangannya, dikutip Rabu 6 Maret 2024.

Ernando Ari Viral di Korea Selatan karena Joged Mengejek Lawan

Kolaborasi dengan artis Korea diakui memberikan imbas positif terhadap brand. Mulai dari penjualan hingga engagement media sosial.

“Kolaborasi dengan artis Korea ini hasilnya cukup baik. Media sosial kami berhasil meraih peningkatan 40 ribu followers dan itu sangat mengejutkan sekali," kata Radityo Egytiandono, Brand Manager, Ultra Milk.

Hal senada juga disampaikan oleh Mesah Roni Ginting, General Manager Retail Product and Partnership BNI yang bekerjasama dengan artis SM Entertainment. Ia mengatakan bahwa banyak fanbase yang menyerbu Alfamart demi mendapatkan Tap Cash BNI X SM Entertainment.

“Pengaruhnya sangat terasa, bahkan mitra kami Alfamart diserbu oleh fanbase-fanbase sampai kehabisan,” ungkapnya.

April, Digital Marketing, Dua Kelinci Tos Tos mengatakan bahwa engagement sosial media mereka selalu bagus setiap kali mengunggah informasi mengenai NCT Dream.

"Sejak awal launching valuenya selalu bagus. Brand kami itu kan termasuk baru, tetapi lewat kolaborasi dengan NCT Dream ini brand kami jadi dikenal lebih luas,” tuturnya.

Pemenang acara ini dipilih melalui tiga tahap. Pertama Preliminary Survey kepada 400 K-Pop Community Leaders yang menghasilkan lima terbaik atau yang disebut dengan Bonsang Award dalam ajang penghargaan Korea, yaitu Oreo X BLACKPINK, Ultra Milk x Stray Kids, TosTos x NCT Dream, BNI Tapcash x SM Entertainment dan Nabati x ENHYPEN.

Tahap berikutnya adalah Voting Best K-Pop Brand Collaboration of The Year. Dalam tahapan ini, para penggemar K-Pop diminta untuk memilih di antara lima terbaik pada periode 15 - 25 Februari 2024. 

Nantinya, brand tersebut akan membawa pulang penghargaan utama, Best Brand Collaboration of The Year (atau yang disebut dengan Daesang dalam ajang penghargaan Korea).

Setelah kedua tahapan tersebut dilakukan, pemenang diumumkan dalam acara K-Playlist Annual Collaboration Award (KACA) pada 28 Februari 2024 di Main Atrium The Forum, Mall Kelapa Gading 3, Jakarta Utara. Acara puncak KACA ditutup dengan penampilan energik boyband NEVEL sekaligus pengumuman Pemenang Best Brand Collaboration of the Year 2023. 

“Pemenang untuk Best Brand Collaboration of the Year 2023 adalah... Ultra Milk X Stray Kids!” seru boyband Indonesia itu yang baru meluncurkan mini album pertama ini disambut meriah oleh seluruh fans K-Pop dan perwakilan brand yang hadir.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya