Kisah Inspiratif Anita Hartono, Sukses Mendirikan Brand Lokal Mambucha

Anita Hartono
Sumber :
  • Tokopedia

JAKARTA  – Memiliki body goals adalah impian banyak Wanita. Namun, seringkali untuk mendapatkan keinginan itu banyak orang yang salah memilih jalan sehingga berdampak pada kondisi kesehatannya.

5 Manfaat Luar Biasa Alpukat untuk Kesehatan Kulit Wajah, Bisa Cegah Penuaan Dini

Kondisi itulah yang dialami Anita Hartono, pendiri Mambucha brand lokal minuman kesehatan. Bicara soal Mombucha, Anita menjelaskan bahwa dirinya pernah bermasalah dengan pencernaan yang dialaminya,  bahkan pernah menjalani tindakan cuci usus akibat efek samping konsumsi obat-obatan pelangsing.

“Saya dulu waktu sekolah di bully karena memiliki badan yang tidak ideal. Untuk meningkatkan kepercayaan diri, saya mulai minum obat pelangsing tapi ternyata efek sampingnya buruk bagi tubuh saya sehingga pencernaan terganggu bahkan hingga susah BAB,” ucap Anita dalam siaran pers, Rabu, 6 Februari 2024.

Ramalan Zodiak Jumat 26 April 2024: Taurus Harus Waspada dengan Rekan Kerja, Leo Kena Tekanan Mental

Hari Perempuan Sedunia bersama Tokopedia

Photo :
  • Tokopedia

Ketertarikan Anita terhadap Mambucha muncul ketika Anita berhasil merawat scoby atau Symbiotic Culture of Bacteria and Yeasts yang menjadi starter pembuatan kombucha hingga menjadi solusi bagi masalah pencernaannya. Anita mengandalkan teh hijau yang kaya akan antioksidan, dan teh hitam yang memiliki kandungan polifenol paling tinggi untuk merawat scoby.

5 Tips Merawat Kucing Peliharaan Agar Tetap Sehat dan Terhindar dari Penyakit

Saat pandemi, Anita mulai membangun bisnis Mambucha untuk mempertahankan karyawannya agar tetap dapat bekerja di masa sulit. Hingga akhirnya Mambucha dikenal masyarakat dan Anita pun menjadi ibu bagi karyawan yang 90 persen didominasi perempuan dan yatim piatu.

Pada tahun 2023, Mambucha berhasil mengangtongi BPOM dan sertifikasi halal untuk mendukung bisnis Mambucha bisa naik kelas.

“Dalam sebulan Mambucha mampu memproduksi ribuan liter, selama tahun 2023 penjualan di Tokopedia mengalami kenaikan hampir 6 kali lipat dibandingkan tahun 2022. Bahkan Tokopedia berkontribusi hampir 50 persen terhadap keseluruhan penjualan produk saya” ucap Anita.

Untuk bisa bersaing di e-commerce, Anita mengatakan bahwa Mambucha tidak selalu menerapkan strategi dengan menebar prmo atau diskon. Tetapi produk ini lebih memilih untuk mengedepankan brand value dan uniqness brand tersebut.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya