Haid Saat Bulan Ramadhan? 6 Amalan Ini Bisa Dilakukan Wanita untuk Raih Pahala

Ilustrasi wanita muslim/wanita berhijab.
Sumber :
  • Freepik/rawpixel.com

JAKARTA  – Pada saat bulan Ramadhan yang tinggal menghitung hari, tentu saja kita berusaha untuk mendapatkan keberkahan dan pahala dengan berpuasa, tarawih serta membaca Al-Quran hingga khatam. Namun, bagi Wanita yang sedang menstruasi tidak diperbolehkan melakukan hal itu. Akan tetapi masih bisa melakukan amalan baik lainnya di bulan suci yang penuh berkah ini.

Esports: PUBG Mobile Sukses Gelar Turnamen Komunitas hingga Influencer selama Ramadhan

Dalam ajaran Islam, menstruasi atau haid masa dimana seorang wanita sedang dalam keadaan tidak suci atau kotor. Oleh karena itu, haram baginya untuk melakukan sejumlah ibadah yang diperintahkan oleh Allah SWT.

Tetapi jangan khawatir, bagi kalian yang tidak bisa melakukan ibadah seperti biasanya, islam memberikan keringanan dan cara lain agar hambanya yang sedang mengalami menstruasi bisa tetap beribadah dan meraih pahala.

Aturan Baru, Arab Saudi Izinkan Semua Jenis Visa Bisa Ibadah Umrah

Ilustrasi bangunan masjid jelang bulan Ramadhan

Photo :
  • pinterest

Berikut amalan-amalan mudah yang bisa dilakukan saat Wanita mengalami menstruasi untuk selalu menjaga keimanan serta mendekatkan diri kepada sang pencipta.

PKB Perkuat Politik Islam dalam Pemerintahan Prabowo-Gibran, Menurut Pengamat

1. Berdoa

Tidak puasa dan sholat bukan berarti lepas semua ibadah, bagi perempuan yang sedang menstruasi bisa menggantinya dengan memperbanyak doa, meminta ampunan, keberkahan hidup, kesehatan serta keselamatan dunia akhirat.

2. Rajin Membaca Al-Quran

Amalan berikut ini tidak kalah pentingnya. Apalagi kalau bukan rajin membaca Quran selama bulan suci Ramadhan. Seorang muslimah bisa membaca dengan menggunakan perantara sebelum menyentuh mushaf atau dengan menggunakan aplikasi yang tersedia pada gawai. Cara lain, muslimah bisa mengikuti dari bacaan Al-Quran yang telah direkam sebelumnya dan diunggah di beberapa media sosial.

3. Berdzikir

Zikir merupakan salah satu amalan yang bisa dilakukan ketika wanita haid. Zikir menjadi salah satu hal yang dianjurkan oleh Rasulullah SAW untuk mengingat Tuhannya. Untuk jenis-jenis zikir pun sangatlah beragam, yang bisa di amalkan dan praktikan setiap saat.

Dimulai dari mengucapkan berbagai macem kalimah thayyibah seperti halnya tasbihl, tahmid, tahlil, tahlil dan masih banyak amalan ketika haid lainnya yang bakal memberikan pahala bagi sejumlah wanita. Zikir pun bisa dilakukan untuk memohon segala pengampunan dosa pada Allah SWT dengan membaca istighfa

4. Bersedekah

Bulan Ramadhan dikenal dengan bulan dimana Allah SWT akan melipatgandakan pahala dari amalan yang dilakukan hambanya. Salah satu amalan yang bisa dilakukan Wanita saat sedang menstruasi adalah dengan bersedekah.

5. Menonton Kajian Secara Online

Jangan bingung memilih ibadah apa yang diperbolehkan saat haid, untuk mendapatkan amal ibadah selama Ramadhan bisa mendengar atau menonton kajian secara online, sehingga tidak ada celah untuk menyia-nyiakan waktu yang sangat istimewa ini.

6. Membangunkan Sahur dan Memasak Untuk Orang yang Berpuasa

Membangunkan sahur dan menyiapkan makanan untuk orang berpuasa termasuk amalan penuh pahala bagi perempuan haid di bulan Ramadhan. Hal ini merupakan kebaikan sekecil apapun akan bernilai ibadah yang besar di sat bulan Ramadhan. Nilainya bahkan setara dengan orang yang berpuasa.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya