Ustaz Khalid Basalamah Bongkar Alasan Kenapa Kalau Pergi ke Dukun Tempatnya Selalu Gelap

Ustadz Khalid Basalamah
Sumber :
  • Tangkapan Layar

VIVA Lifestyle – Pendakwah Ustaz Khalid Basalamah menyarankan agar umat Muslim tidak perlu takut dengan hal-hal yang berbau ghaib. Karena sejatinya, kebanyakan hal yang menakutkan hanya rekayasa untuk menakut-nakuti manusia saja. 

Aturan Baru, Arab Saudi Izinkan Semua Jenis Visa Bisa Ibadah Umrah

Salah satu contohnya adalah praktik dukun yang diharamkan dalam Islam. Kebanyakan dukun, biasanya sudah menyetting tempatnya agar lebih gelap untuk menakut-nakuti orang-orang yang datang. Benarkah? Yuk, scroll untuk tahu lebih lanjut. 

"Masalah pintu takut, kenapa dukun-dukun itu kalau kita masuk ke tempatnya selalu gelap, ada tengkorak, remang-remang? Karena Antum harus takut dulu," ungkap Ustaz Khalid dalam video yang diunggah di Youtube Fuqara Berbagi, dikutip Kamis 21 Maret 2024. 

PKB Perkuat Politik Islam dalam Pemerintahan Prabowo-Gibran, Menurut Pengamat

Ilustrasi dukun.

Photo :
  • Pixabay

Lebih lanjut menurut sang pendakwah, jika kita takut, akan lebih mudah untuk dikuasai oleh sang dukun.  

Ustaz Khalid Basalamah: Orangtua Gak Wajib Kasih Nafkah ke Anak Laki-laki Jika Sudah Baliqh

"Kalau ada rasa takut, bisa dikuasain sama dia. Tapi kalau tidak takut, gak bisa. Orang yang mau dihipnotis kalau akidahnya bener, gak bisa dihipnotis. Setannya gak berani," jelasnya. 

Oleh karena itu, Ustaz Khalid pun meminta kita untuk berhati-hati, karena rasa takut akan selalu ditunggangi oleh setan

"Saya kasih contoh, kalau ada satu rumah di situ ada orang bunuh diri, gantung diri, kira-kira mau beli rumahnya gak? Kenapa gak mau? Setelah saya jelaskan, beli besok ya," ucapnya bercanda. 

"Banyak orang jawabannya takut. Kenapa takut? Ada ruh gentayangan. Contoh kedua, ada satu rumah tadi bunuh diri, sekarang satu rumah dibunuh oleh perampok. Mau beli rumahnya gak? Sama juga (gak mau beli)? Kenapa? Takut, ada ruh gentayangan," sambungnya. 

Ustaz Khalid Basalamah pun menegaskan, dalam Islam tidak ada yang namanya ruh gentayangan. 

"Gak ada ceritanya dalam Islam kuburan terbuka pocongnya keluar. Gak ada tangan dari kloset tarik-tarik orang. Itu semua dusta. Perusakan akidah dari media-media syaiton, sinetronnya, filmnya, segala macem. Dusta, gak ada hal seperti itu dalam Islam," pungkas Ustaz Khalid Basalamah. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya