Hati-hati Kelepasan! Ternyata, Ini Dia Ucapan yang Paling Dibenci Allah SWT

Ilustrasi jemawa/arogan/sombong.
Sumber :
  • The Malta Independent

VIVA Lifestyle – Islam mengajarkan kepada seluruh umatnya di Bumi ini tentang pentingnya untuk menjaga lisan kepada sesama manusia. Hal tersebut dikarenakan, dengan lisan yang tak baik nantinya bisa melukai hati seseorang hingga berujung dengki, denda, dan munculnya sifat buruk manusia lainnya.

Cristiano Ronaldo Ucapkan Selamat Idul Fitri Kepada Umat Islam di Dunia

Seperti diketahui, bahwa ada beberapa jenis ucapan yang sangat dan teramat dibenci Allah SWT. Dan pastinya, ucapan yang dibenci Allah ini merupakan ucapan yang mencerminkan kesombongan, keburukan, dan bisa menyakiti orang lain. 

Sebaliknya, Islam menganjurkan kita untuk menggunakan lisan kita untuk kebaikan. Perlu Anda ketahui ada beberapa jenis ucapan yang termasuk dibenci Allah SWT, sebut saja salah satunya ucapan yang sombong dan menolak nasihat baik dari sesamanya. Scroll untuk baca artikel selengkapnya berikut ini yang dikutip dari berbagai sumber:

5 Ide Ucapan Lebaran Berbahasa Inggris, Biar Kelihatan Lebih Keren

Seraya seperti yang dikutip VIVA.co.id melalui buku berjudul Hijrah Dahulu, Istikamah Kemudian ditulis oleh Hendra Bakti (2019), kalimat yang dibenci bahwa kalimat yang mempresentasikan kesombonganlah yang begitu dibenci Allah SWT.

Sering Dikirim Saat Lebaran, Apa Arti Taqabbalallahu Minna Wa Minkum Taqabbal ya Karim?

Tak hanya kesombongan, tapi juga kalimat penolakan terhadap ajakan orang lain untuk berbuat baik, terutama ajakan bertaqwa kepada Allah SWT. Sebagaimana disebutkan dalam hadits riwayat Baihaqi dalam Syu'abul Iman dan An Nasa'i dalam Al Yaum wa al-Lailah yang dishahihkan melalui al-Albani dalam as Shahihah:

Yang mana artinya; "Kalimat yang paling dibenci Allah SWT adalah ketika seseorang menasehati temannya untuk 'Bertakwalah kepada Allah', namun temannya justru menjawab, 'Urus saja dirimu sendiri." [HR. Baihaqi dan An Nasa'i]

Jadi, kalimat yang tertulis di atas adalah gambaran kalimat yang dibenci Allah, karena menunjukkan kesombongan seseorang yang tidak mau mendengarkan ajakan baik orang lain. Bahkan orang yang mengajak dianggap terlalu mencampuri urusannya dan tidak boleh terlalu mengurusi masalah ketaqwaan.

Padahal, sebagai sesama muslim, sudah seharusnya untuk saling mengingatkan dalam hal kebaikan. Tidak hanya dalam hadis, ayat Alquran ternyata juga menjelaskan mengenai bentuk-bentuk dari kesombongan. Salah satunya adalah surat An Nisa ayat 172-173.

Artinya: "Al-Masīh sama sekali tidak enggan untuk menjadi hamba Allah, dan begitu pula dengan para malaikat yang dekat kepada Allah. Dan barang siapa tidak mau menyembah-Nya dan menyombongkan diri, maka Allah akan mengumpulkan mereka semua kepada-Nya."

Ilustrasi pasangan bertengkar.

Photo :
  • Pexels

"Adapun orang beriman dan mengerjakan kebajikan, Allah SWT akan menyempurnakan pahala bagi mereka dan menambah sebagian karunia-Nya. Sedangkan, orang-orang yang tidak mau menyembah Allah dan menyombongkan diri, maka Allah akan mengazab dengan azab yang pedih. Dan mereka tidak akan mendapatkan pelindung dan penolong selain Allah SWT."

Selanjutnya, dikutip melalui buku berjudul 35 Cara Menarik Simpati ditulis oleh Abu Abdillah Al-Hasyidiy (2011), Rasulullah SAW berkata bahwa, terkadang seseorang mengucapkan kalimat yang membuat dirinya tercela di dunia dan juga akhirat. Sehingga akan mendatangkan kemurkaan untuk dirinya sendiri.

Namun terkadang, seseorang mengucapkan kalimat baik yang membuat derajatnya diangkat dan mendapatkan kebahagiaan. Rasulullah SAW bersabda:

Artinya: "Sungguh, seseorang hamba akan mengucapkan satu kalimat yang diridhoi oleh Allah SWT, suatu kalimat yang tidak memperdulikannya, namun dengan itu Allah akan mengangkat derajatnya. Dan sungguh, seorang hamba akan mengucapkan satu kalimat yang dibenci oleh Allah, suatu kalimat yang tidak mempedulikannya, sehingga dengannya Allah melemparkannya ke dalam neraka." [HR. Al-Bukhari]

Melalui penjelasan di atas, maka bisa disimpulkan bahwa kalimat yang dibenci Allah SWT adalah kalimat yang mengandung kesombongan dan penolakan atas ajakan baik. Maka jadilah manusia yang mampu menjaga lisannya 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya