Zakat Fitrah Paling Utama Itu Beras atau Uang? Ini Kata Ustaz Khalid Basalamah

Ustadz Khalid Basalamah
Sumber :
  • Tangkapan Layar

Jakarta – Pendakwah ternama asal Indonesia, Ustaz Khalid Basalamah memberikan penjelasan mengenai Zakat Fitrah yang harus ditunaikan.

Alasan Nico Bunuh Wanita Open BO yang Jasadnya Ditemukan di Pulau Pari

Dilansir dari akun Youtube Ustaz Khalid Basalamah, Selasa 26 Maret 2024. Lulusan Universitas Madinah itu menjelaskan mengenai zakat yang paling utama antara beras atau uang.

Ustaz Khalid Basalamah.

Photo :
  • Youtube
Program Makan Siang Gratis Prabowo-Gibran Butuh 6,7 Juta Ton Beras per Tahun

Dalam tayangan tersebut, Ustadz Khalid Basalamah menjawab pertanyaan yang masuk dari salah satu jamaahnya mengenai Zakat Fitrah.

"Assalamualaikum Ustad, izin bertanya, jika ada program zakat fitrah di sekolah2, apakah guru di sekolah ybs (yang bersangkutan) mendapatkan jatahnya? lalu zakat fitrah yang paling afdol itu pakai beras atau uang? Jazakallahu Khairan atas penjelasannya Ustaz," tanya jamaah Ustaz Khalid Basalamah.

Daftar Harga Pangan 25 April 2024: Bawang Merah hingga Daging Sapi Naik

"Kalau masalah program zakat fitrah di sekolah, apakah guru-guru di sekolah berhak mendapatkan sebagian jatah zakatnya? tergantung keadaanya saudaraku, apakah dia itu mustahiq (Penerima Zakat) atau tidak, karena zakat fitrah itu memang kata Nabi Shalallahu Alaihi Wassalam 'Tu'matun Lil Masakin' (Makanan untuk orang-orang yang miskin). yang berarti memang ada batasan orang-orang miskin di sini, kalau memang dasarnya mereka orang yang berkah mendapatnya, maka tidak masalah," jawab Ustaz Khalid Basalamah.

Ia menjelaskan lebih lanjut mengenai pertanyaan kedua, mengenai lebih utama pakai uang atau beras untuk membayarkan Zakat Fitrah.

Ustaz Khalid Basalamah

Photo :
  • YouTube CURHAT BANG Denny Sumargo

"Juga dari satu sisi tadi ada pertanyaan di sini apakah pakai beras atau uang? tentu saja yang paling kuat pendapat para ulama adalah menggunakan makanan pokok, karena kita di Indonesia makannya beras, maka kita pakai beras," tutup Ustadz Khalid Basalamah.

Sebagai tambahan informasi, untuk pembayaran Zakat Fitrah harus sudah ditunaikan sebelum shalat Id dilaksanakan. Jika waktu Sholat Id sudah laksankan, maka Zakat Fitrah sudah tidak berlaku. Jika itu dilakukan, maka itu termasuk sedekah bukan Zakat Fitrah.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya