Indonesia Dinobatkan Sebagai Negara Paling Positif di Dunia

Ilustrasi anak bahagia.
Sumber :
  • Dok. Asetku

VIVA – Emosi positif dikenal ketika seseorang mengalami hal yang menyenangkan atau hal yang dapat memberi dampak positif terhadap dirinya, seperti perasaan bahagia, lega, dan bersyukur.

Bumi Resources Masuk 7 Perusahaan Wajib Pajak Terbaik versi DJP Kemenkeu

Menurut hasil survei Gallup Global Emotions 2023, Indonesia dianggap sebagai negara paling positif di dunia. Tidak dihitung berdasarkan PDB (Produk Domestik Bruto), survei ini dilakukan untuk mengetahui perasaan dan emosi masyarakat pada suatu negara baik itu negatif ataupun positif.

Jemaah tertawa mendengar ceramah agama yang disampaikan ustaz. (Foto ilustrasi)

Photo :
  • VIVAnews/Muhamad Solihin
Sri Mulyani Ungkap APBN Surplus Rp 8,1 Triliun hingga Maret 2024

Gallup melakukan penelitian tentang perasaan dan emosi yang dirasakan masyarakat di seluruh dunia dalam kehidupan sehari-hari mereka. Survei tersebut dilakukan pada tahun 2022 dan melibatkan 147.000 orang dewasa dari 142 negara.

Dilansir dari Goodstats pada Kamis 4 April 2024, Indonesia meraih skor tertinggi pada tahun 2022 sebagai negara dengan penduduk paling positif dan meraih skor 85. 

783 Juta Orang Akan Menderita Diabetes Tahun 2045

Negara lain seperti Meksiko, Paraguay, Filipina, dan Vietnam juga mendapatkan skor yang sama. Hasil ini menjadikan di antara negara-negara lain di dunia, Indonesia adalah negara yang paling sering tersenyum.

Untuk mengukur indeks pengalaman positif mereka, responden diminta untuk menjawab pertanyaan seperti, "Apa yang anda lakukan kemarin sehingga membuat anda merasa cukup istirahat?", "Apa yang anda lakukan kemarin sehingga membuat anda tersenyum atau tertawa banyak?", "Apa kemarin melakukan sesuatu yang menarik?", "Apa yang anda lakukan kemarin sehingga diperlakukan dengan hormat sepanjang hari?", dan "Apa kemarin mengalami perasaan menyenangkan?”

Berdasarkan hasil secara global, 71% peserta mendapatkan istirahat yang cukup, 72% mengalami banyak kesenangan, 73% banyak tersenyum dan tertawa, dan 87% merasa dihormati oleh orang lain.

Negara Paling Negatif di Dunia

Sebaliknya dengan indeks pengalaman positif sebesar 34, Afghanistan dinyatakan sebagai negara paling negatif di dunia. Afghanistan selalu menjadi negara paling negatif selama 6 tahun berturut-turut sejak tahun 2017.

Dengan indeks pengalaman positif 45, Turki juga berada di antara negara paling negatif. Negara lain yang turut menjadi negara paling negatif adalah Lebanon, Bangladesh, dan Republik Turki Siprus Utara.

Sejumlah siswi sekolah dasar berjalan pulang dari sekolahnya di Kabul, Afghanistan.

Photo :
  • ANTARA FOTO/REUTERS/Zohra Bensemra/wsj.

Untuk mengidentifikasi peristiwa negatif atau buruk yang telah mereka alami sebelumnya, responden diberikan pertanyaan seperti, "Apakah anda mengalami sakit fisik kemarin?", "Apakah kemarin merasa khawatir?", "Apakah kemarin merasakan kesedihan?", "Apakah kemarin merasa stress?", dan "Apakah kemarin merasa marah?"  

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya