Kisah Orang Kembar Paling Aneh dan Mengharukan di Dunia

Ilustrasi kembar
Sumber :
  • Pixabay/pexels

VIVA.co.id –  Kisah mengenai anak yang terlahir kembar selalu menuai misteri. Dalam dunia medis, kembar terjadi ketika sel telur tunggal terbuahi dan membentuk satu zigot (monozigotik). Dalam perkembangannya, zigot tersebut membelah menjadi embrio yang berbeda. Kedua embrio berkembang menjadi janin yang berbagi rahim yang sama.

Yakin Nagita Slavina Hamil Tahun Ini, Raffi Ahmad Ungkap Rencana Punya 5 Anak

Namun mitos yang berkembang dalam masyarakat, kondisi anak yang terlahir kembar akan membawa nasib buruk jika mereka tinggal dan besar bersama. Namun terlepas dari itu semua, ada beberapa fakta mengharukan dan unik tentang anak kembar. Berikut ini yang dirangkum VIVA.co.id dari berbagai sumber.

1. Kembar terpisah yang tak sengaja jatuh cinta

Risiko Serius pada Ibu yang Hamil Anak Kembar, dari Preeklamsia hingga Kematian Pada Janin

Siapa yang menduga setelah sekian lama menemukan tambatan hati dan siap menikah, ternyata yang akan dinikahi adalah kembaran kita sendiri. Hal itu terjadi pada dua muda mudi di Amerika Serikat. Dilansir laman Daily mail, dua pasangan yang menolak disebutkan namanya ini mengungkapkan bahwa mereka benar-benar tidak menyadari bahwa mereka adalah kembar yang terpisah sejak bayi.

Sebut saja Gray dan Emma, adalah kembar berbeda kelamin yang terpisah sejak bayi. Ibu mereka memutuskan untuk menyerahkan kedua bayinya pada orang yang berbeda karena tidak sanggup mengasuhnya. Akhirnya Gray dan Emma tumbuh di tempat yang berbeda.

Keajaiban! Wanita Umur 70 Tahun Melahirkan Anak Kembar

Hingga pada suatu ketika, takdir berkata lain. Mereka bertemu, berkenalan dan saling jatuh cinta hingga memutuskan untuk menikah.

Ketika hendak menikah, hakim menyelidiki latar belakang masing-masing, dan mendeteksi kalau dua orang ini merupakan saudara kembar. Alhasil, rencana pernikahan pun dibatalkan karena tidak sah menurut hukum.


2. Kembar menikah dengan kembar dan melahirkan anak kembar

Pasangan kembar identik ini memiliki kisah unik yang tidak terduga. Siapa sangka pasangan kembar Asyl dan Aiym Binazarova, asal Kazakhstan menemukan pasangan hidupnya masing-masing yang ternyata adalah seorang kembar yang identik. Pasangan kembar-kembar ini kemudian menikah di hari, tempat, dan waktu yang sama.

Sepasang  kembar Asyl dan Aiym menikah  dengan  pasangan kembar  Zholdasbek dan Torebek Tolepbergenuly dalam satu upacara perkawinan yang bersama. Mereka juga memakai pakaian yang hampir sama dan kini mereka masing-masing mendekati ulang tahun perkawinan kedua mereka.

Laman kickassfact, menyebutkan bahwa kedua kakak adik  Zholdasbek dan Torebek Tolepbergenuly adalah dokter dan pelatih hewan sedangkan si wanita Asyl dan Aiym Binazarova belajar dalam jurusan yang sama untuk menjadi guru.

Dua pasang kembar ini bertemu setelah Zholdasbek dan Asyl ngobrol di sebuah restoran dan Zholdasbek dengan bercanda bertanya pada Asyl jika  mempunyai adik perempuan untuk kembarnya. Zholdasbek sangat terkejut ketika Asyl mengatakan bahwa dia juga mempunyai saudara kembar yang identik.

Ketika kedua kembar ini mengenalkan saudaranya, tanpa diduga keduanya juga jatuh cinta. Hingga akhirnya kedua pasangan kembar ini memutuskan untuk menikah di rumah mereka di bandar Aktau di barat Kazakhstan, Kawasan Mangystau.

Kini, Zholdasbek dan Aiym telah mendapat seorang anak lelaki sementara Torebek dan Asyl mempunyai seorang anak perempuan yang memiliki wajah mirip. Keluarga mereka kini tinggal bersama-sama di flat dengan tiga kamar tetapi berencana untuk membina rumah tangga mereka sendiri-sendiri kelak.


3. Kembar siam tertua dan paling fenomenal di dunia

Kembar siam adalah keadaan anak kembar yang tubuh keduanya bersatu. Hal ini terjadi apabila zigot dari bayi kembar identik gagal terpisah secara sempurna. Kemunculan kasus kembar siam diperkirakan adalah satu dalam 200.000 kelahiran. Yang bisa bertahan hidup berkisar antara 5 persen dan 25 persen, dan kebanyakan (75 persen) berjenis kelamin perempuan.

Dilansir Kickassfact, kasus kembar siam tertua yang tercatat adalah Mary dan Eliza Chulkhurst dari Inggris yang lahir pada tahun 1100-an. Namun kembar siam yang paling fenomenal yang berasal dari China. Istilah kembar siam berawal dari Chang dan Eng Bunker (1811-1874) yang lahir di Siam (sekarang Thailand). 

Kembar dempet yang satu ini merupakan kembar dempet yang terkenal, ia adalah Chang dan Eng Bunker. Mereka terlahir berdempet di pinggang, berbagi satu organ hati dan kulit yang sama. Namun mereka berdua memiliki alat kelamin masing-masing. Mungkin jika mereka hidup di zaman ini, kondisi mereka pasti dapat dipisahkan dengan teknologi yang canggih saat ini. 

Walau kondisi tubuh mereka masih berdempetan, Chang dan Eng masing-masing telah menikahi istri mereka yang normal. Bahkan Chang memiliki 10 anak dengan istrinya sedangkan Eng lebih unggul, ia mempunyai 12 anak dengan istrinya. Mereka benar-benar melaksanakan tugas mereka sebagai suami. Pada masa itu, kembar siam selalu ditolak dalam urusan legalitas pernikahan karena orang-orang takut membayangkan bagaimana mereka berhubungan seks. Namun Chang dan Eng mendobrak aturan tersebut.


4. Kembar siam kepala hidup sehat berdampingan

Berbeda dengan Chang dan Eng. Pasangan kembar siam Abby dan Brittany Hensel asal Inggris harus berbagi satu tubuh. Pasangan kembar wanita ini hanya memiliki satu tubuh namun dengan dua kepala. Anehnya, meski harus berbagi tubuh yang sama dengan organ yang masing-masing berbeda, tapi memiliki kepala yang sepenuhnya terpisah. 

Dilansir Metro.co.uk, masing-masing dari mereka memiliki tulang belakang jadi mereka bisa mengontrol setengah tubuh mereka. Meski demikian hingga kini Abby dan Brittany hidup sehat berdampingan seperti layaknya pasangan kembar normal.

5. Kembaran meninggal pada hari, jalan, dan cara yang sama

Hubungan dua saudara kembar berusia 70 tahun yang satu ini juga sangat mencengangkan. Betapa tidak? Kedua lelaki paruh baya ini meninggal pada hari, tempat, dan cara yang sama! Kisah tragis, unik, dan aneh ini terjadi pada tahun 2002.

Dilansir Craked.com, sang adik bersepeda mengendarai sepeda, kemudian ditabrak truk. Dua jam kemudian, sang kakak juga meninggal di jalan yang sama, melalui cara yang sama, yakni ditabrak truk.

Lebih tragis lagi, ketika sang kakak masih hidup, dia tidak tahu kalau adiknya sudah meninggal sekitar dua jam sebelumnya. Tentu saja sang adik, yang sudah tewas lebih dahulu, tidak tahu kalau kakaknya akan menyusulnya ke alam baka, dua jam setelah dia meninggal.


 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya