Kehebatan Daun Kelor, dari Atasi Jerawat Hingga Anti Kanker

Mengulas manfaat tersembunyi di daun kelor.
Sumber :
  • tvOne

VIVA – "Dunia tak selebar daun kelor", perumpaan populer ini berhubungan dengan ukuran daun kelor yang mungil. Padahal sebenarnya, pohon kelor berukuran besar.

Banyak Makan Manis dan Berlemak Saat Lebaran, Lakukan Tips Ini untuk Tetap Sehat

Ada pula anggapan, kalau daun kelor ampuh untuk usir roh halus. Menilik sejarahnya, daun kelor sudah digunakan oleh masyarakat di India dan Afrika selama ratusan tahun untuk pengobatan.

Kedua negara itu memang lekat dengan mistis, maka bisa jadi anggapan daun kelor mampu usir roh halus berhubungan dengan itu.

Rebus Daun Kelor Setiap Hari Sesuai Aturan, Penyakit Kronis Bisa Teratasi

Dalam program Ayo Hidup Sehat yang tayang secara live di tvOne, Jumat 26 Januari 2018, bersama dr Verawati Sudarma Mgizi, SpGK mengupas informasi menarik seputar daun kelor.

Banyak penyakit bisa diobati dengan daun kelor, tak tanggung-tanggung jumlahnya mencapai 300 macam penyakit.

Terpopuler: Ramalan Zodiak Soal Sosok Mantan, hingga 5 Efek Samping Pelumas Seks

Verawati mengungkapkan, "Daun kelor sudah terbukti secara ilmiah ampuh untuk berbagai penyakit. Daun kelor bisa bantu turunkan kadar gula dalam darah yang baik untuk penderita diabetes dan kanker. Tak cuma itu, karena kandungan vitamin A yang tinggi, konsumsi daun kelor bisa bantu cegah penyakit mata akibat usia tua, seperti katarak dan glaukoma. Rasa sakit akibat rematik juga bisa terobati dengan daun kelor yang memiliki kandungan zat anti inflamasi."

Daun kelor yang tinggi kandungan zinc juga bermanfaat untuk jaga kekebalan tubuh. Konsumsi 100 gram bubuk daun kelor sudah dapat memenuhi kebutuhan harian zinc, jadi daya tahan tubuh lebih terjaga.

Bagi wanita, daun kelor punya banyak manfaat.

Ibu hamil harus menjaga asupan gizi, maka ada baiknya konsumsi daun kelor yang tinggi protein, vitamin C dan zinc. Begitu juga dengan ibu menyusui, kandungan flavonoid akan menjadikan produksi ASI lebih lancar dan melimpah.

Daun kelor juga bisa membuat wanita tampil lebih cantik. Konsumsi bubuk daun kelor yang tinggi anti oksidan menjadikan kulit sehat dan glowing. Aktris Sophia Latjuba sudah membuktikannya. Di usia yang tidak lagi muda, Sophie masih tampil mempesona. Salah satu rahasia cantiknya, rajin minum teh daun kelor.

Selain dikonsumsi, daun kelor juga bisa dijadikan masker perawatan kulit, terutama untuk kulit berjerawat. Kandungan anti bakteri dan anti inflamasi ampuh untuk mengusir si jerawat bandel.

Kandungan nutrisi daun kelor juga luar biasa, diantaranya:
Potasium 3x lebih besar dari pisang
Vitamin A 4x lebih tinggi dari wortel
Zinc/zat besi 25x lebih besar dari bayam
Vitamin C 7x lipat dari jeruk
Kalsium 4x lebih banyak dari susu

Jadi jangan ragu untuk mengonsumsi daun kelor, ya. Selain diolah menjadi bubuk, daun kelor juga yummy untuk dijadikan berbagai panganan. Sebut saja sayur bening, sayur santan, smoothies hingga salad. Agar kandungan vitamin C dan nutrisi lain tidak hilang, didihkan air lalu matikan api, kemudian baru masukkan daun kelor.

Anda juga bisa membuat sendiri bubuk daun kelor. Caranya, keringkan dengan menghindari sinar matahari langsung kemudian tumbuk halus. Konsumsi sebanyak dua sendok teh dalam sehari.

Meski baik untuk kesehatan, jangan konsumsi daun kelor secara berlebihan. Bukannya jadi sehat, Anda malah beresiko terserang sakit perut, kerusakan liver hingga mati rasa.

Bagaimana pun, sesuatu yang berlebihan itu tidak baik, kan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya