Margarin atau Mentega, Mana yang Lebih Sehat?

Ayo Hidup Sehat.
Sumber :
  • Dokumentasi tvOne

VIVA – Selama ini masih banyak masyarakat yang bingung ketika disuruh memilih margarin atau mentega. Bahkan ada yang menganggap keduanya sama. Sebenarnya keduanya berbeda.

Penyanyi Bilboysan, Wujudkan Mimpi Lewat Album Perdana

Margarin terbaik dibuat dengan minyak zaitun atau minyak bunga matahari sedangkan margarin yang umumnya kita temui di pasar mengandung minyak sawit, lemak sapi dan beberapa lemak babi.

Meski mengandung lemak, namun lemak margarin tak sebanyak mentega, margarin juga tidak mengandung kolesterol, sehingga lemak trans di dalamnya bisa meningkatkan kadar kolesterol jahat.

Batal Nikah dan Galau, Ini Pesan Oki Setiana Dewi

Mentega adalah produk alami, dengan tidak ada pengemulsi, zat pewarna atau bahan pengawet yang biasa digunakan dalam pembuatan margarin.

Tingginya jumlah lemak jenuh berhubungan dengan tingginya kadar kolesterol LDL (kolesterol jahat) dan beberapa kondisi, misalnya penyakit jantung. Berbeda jenis berbeda pula kandungan gizi dan manfaatnya, Jadi mana yang Anda pilih?

Lagu Pertama, Amanda Vaharani: Cocok untuk yang Sedang Galau

Sementara itu, selain soal margarin, topik yang tak kalah menarik adalah soal istilah 'galau' yang populer disebutkan anak muda. Di berbagai jejaring sosial istilah 'galau' banyak dipopulerkan. Namun, bukan hanya ungkapan biasa, galau ternyata memiliki dampak negatif secara psikologis, bahkan terhadap kesehatan fisik seseorang.

Secara garis besar, galau dapat diartikan sebagai suatu kondisi di mana pikiran atau hati seseorang sedang kacau sehingga ia bingung harus melakukan apa. Orang galau akan tampak cemas, murung dan sedih tanpa diketahui sebabnya.

Secara medis, galau ternyata merupakan sebuah gejala dari gangguan yang sedang terjadi di dalam otak, hati atau dalam tubuh manusia. 

Merasa galau dalam jangka waktu yang lama atau terus-menerus ternyata dapat membahayakan kesehatan otak dan tubuh manusia. Galau memunculkan suatu kondisi emosi negatif yang akan merangsang berbagai  dampak negatif terhadap kesehatan tubuh. 

Karena itu bijak menggunakan istilah 'galau' akan menimbulkan dampak yang lebih baik dalam interaksi sosial.

Kedua topik menarik tersebut akan dibahas dalam tayangan AYO HIDUP SEHAT di tvOne Senin 29 Januari 2018 pukul 13.00-14.00.

Dipandu host dr Haekal Anshari, M. Biomed (AAM) dan dr Sheila Salsabila BMedSc, diskusi tersebut juga mendatangkan pakar yang berkompeten dibidangnya.

Saksikan tayangan AYO HIDUP SEHAT live streaming di sini.
 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya