Manfaat Termogenik dalam Kopi Hitam yang Jarang Diketahui

Ilustrasi kopi/kopi hitam.
Sumber :
  • Pexels/Kaboompics/Karolina

VIVA – Bagi sebagian orang, secangkir kopi biasanya sudah menjadi minuman wajib setiap harinya. Tak hanya memberi tenaga tambahan, manfaat lain kopi hitam ternyata ampuh menurunkan berat badan.

10 Manfaat Kopi Hitam Tanpa Gula, Bisa Turunkan Berat Badan

Dilansir dari laman Livestrong, minum kopi hitam tanpa gula bisa membantu Anda punya tubuh langsing. Sebab, kopi hitam mengandung kalori yang rendah. Nah, jika diminum dengan kadar yang cukup, banyak manfaat baik kopi hitam yang memicu penurunan berat badan. Berikut manfaat baik kopi hitam yang ampuh turunkan berat badan.

1. Rendah kalori

Diet Protein Tinggi, Solusi Turunkan Berat Badan dengan Kilat

Kopi hitam tergolong minuman bebas kalori, satu cangkirnya memiliki 69 kalori. Sementara rata-rata orang minum tiga cangkir kopi sehari, yang mengandung hingga 207 kalori ekstra. Karena itu, minuman ini aman dikonsumsi bagi orang yang diet sekalipun.

Biji kopi

Sederet Tips Diet Sehat yang Aman Bagi Kesehatan Tubuh

2. Kafein baik

Kafein menawarkan beberapa manfaat untuk membakar kalori, yang membantu menurunkan berat badan. Satu studi laboratorium, yang diterbitkan di Food & Function pada tahun 2012 menemukan, kafein mendorong thermogenesis, yakni sebuah fenomena yang membantu Anda membakar lebih banyak kalori. 

Sebuah studi dari International Journal of Obesity, yang diterbitkan pada tahun 2010 mencatat, senyawa termogenik seperti kafein dapat bekerja lebih baik pada beberapa orang. Kandungan ini efektif menurunkan berat badan, sehingga Anda bisa mengandalkannya.

Pada beberapa kasus, makanan yang bersifat termogenik juga dikonsumsi untuk membantu proses diet. Makanan jenis ini diketahui membutuhkan banyak kalori untuk mencernanya, atau dengan kata lain makanan yang membantu tubuh untuk membakar kalori ketika Anda sedang mengunyah atau mencernanya, selain itu juga mampu mempercepat metabolisme tubuh. 

Kafein.

3. Mencegah obesitas

Salah satu studi yang diterbitkan dalam International Journal of Epidemiology pada tahun 2015, mempelajari kebiasaan makan lebih dari 93 ribu orang, yang mencari pola antara konsumsi dan berat kopi. Peneliti menemukan bahwa orang yang minum lebih banyak kopi memiliki risiko obesitas yang lebih rendah. Juga, menurunkan risiko diabetes tipe 2.

Meski minum kopi hitam bebas kalori, Anda harus tetap mengkonsumsi asupan pendamping agar tidak mengonsumsi terlalu banyak kafein. Sebab, terlalu banyak mengonsumsi minuman berkafein ini membuat Anda gelisah, mengganggu tidur, menyebabkan kecemasan, depresi atau detak jantung yang cepat. Maka, kadar yang disarankan untuk mengonsumsi kopi hitam yaitu tidak lebih dari tiga cangkir sehari. (ren)
 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya