10 Manfaat Kopi Hitam Tanpa Gula, Bisa Turunkan Berat Badan

Minum kopi saat sarapan
Sumber :
  • Eat This

VIVA Lifestyle – Kopi merupakan salah satu jenis minuman yang digandrungi semua kalangan, baik pria maupun wanita menyukainya. Lantas, tahukah kamu jika kopi memiliki manfaat luar biasa? Apa saja manfaat kopi hitam tanpa gula bagi pria dan wanita yang mungkin jarang sekali kita seruput di pagi hari? Daripada penasaran simak selengkapnya pada ulasan berikut ini.

Ada 4,14 Juta Temuan di Google jika Klik Kata Ini

Manfaat kopi hitam tanpa gula bagi pria dan wanita

Kabar Gembira Ini untuk Penggemar BTS dan Kopi

Beberapa orang tidak menyukai kopi hitam karena rasa pahitnya. Namun kopi hitam bisa membantu menyembuhkan tubuh jika dikonsumsi dengan cara yang benar. Setidaknya ada segudang alasan ilmiah mengapa Anda harus  minum kopi setiap hari.

Namun, tahukah Anda bagaimana pengaruh minum kopi hitam terhadap tubuh dan pikiran Anda? Apa saja manfaat kesehatan yang dimilikinya? Kopi hitam hanyalah campuran air matang dan satu sendok makan kopi tanpa tambahan susu, gula atau madu.

6 Makanan yang Sebaiknya Dihindari saat Menikmati Secangkir Kopi

Bagi orang yang tidak toleran laktosa, kopi hitam adalah keuntungan karena tidak diperlukan susu untuk menyiapkannya. Minuman ini tinggi kafein. Oleh karena itu, harus dikonsumsi dengan bijak untuk menghindari potensi dampak buruk kafein terhadap kesehatan.

5 Manfaat Kesehatan Kopi

Photo :
  • vstory

Manfaat kopi hitam bagi kesehatan

Dapat mengurangi berat badan

Kopi hitam merupakan minuman bebas kalori yang dapat membantu menjaga berat badan yang sehat. Ini kaya akan kafein yang dapat merangsang metabolisme dan meningkatkan tingkat energi Anda, menekan rasa lapar. 

Kopi hitam mengandung asam klorogenat yang membantu memperlambat produksi glukosa. Oleh karena itu, meminum kopi hitam setelah makan dapat membantu memperlambat pembentukan glukosa. Ia juga mengandung banyak antioksidan yang dapat mengatasi manajemen berat badan.

Dapat menurunkan risiko penyakit kardiovaskular

Kita biasanya mendengar bahwa kafein membantu meningkatkan tekanan darah, tetapi itu tidak benar. Asupan kopi secara teratur dapat meningkatkan tekanan darah namun efek ini dapat berkurang seiring berjalannya waktu. Studi menunjukkan bahwa konsumsi kopi secara teratur dapat membantu mengurangi risiko penyakit kardiovaskular dan stroke. 

Semoga bermanfaat untuk kesehatan hati

Hati adalah organ vital yang bekerja diam-diam untuk menjaga kesehatan tubuh kita. Kopi hitam dapat membantu mengurangi tingkat enzim hati berbahaya yang ditemukan dalam darah. Beberapa penelitian menyimpulkan bahwa kopi membantu mengurangi risiko kanker hati, penyakit hati berlemak, hepatitis, dan sirosis hati. 

Membantu meningkatkan kinerja fisik

Diketahui bahwa kafein merangsang sistem saraf kita. Stimulasi ini dapat membantu meningkatkan kadar adrenalin dalam darah. Hormon ini dikenal sebagai pertarungan-atau-lari, yang mempersiapkan tubuh Anda untuk aktivitas fisik yang intens.

Dapat menurunkan risiko diabetes

Banyak penelitian menunjukkan bahwa minum kopi hitam dapat membantu Anda melawan risiko diabetes secara efektif. Kopi dapat membantu meningkatkan produksi insulin dalam tubuh yang dapat mengatur kadar glukosa darah.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya