Banyak Minum Air Bisa Cegah Sakit Ginjal, Mitos atau Fakta?

Ilustrasi minum air putih
Sumber :

VIVA – Selain hati dan otak, ginjal merupakan salah satu organ vital dalam tubuh yang senantiasa bekerja keras setiap hari. Dari sekian banyak fungsi kerjanya, ginjal berperan penting dalam proses penyaringan darah. Termasuk juga menjaga cairan dalam tubuh agar tetap seimbang sekaligus mengatur keseimbangan elektrolit dan urin.

Angka Kasus Penyakit Ginjal Makin Meningkat, Sedot Dana BPJS Hingga Rp2,9 T

Saat ginjal gagal mengeluarkan racun dan sisa cairan di dalam tubuh, akan memengaruhi kinerja dan fungsi jantung. Di saat itu pula tubuh mulai mengalami pembengkakan. Jika kondisi tersebut dibiarkan begitu saja, dapat menyebabkan gagal ginjal di kemudian hari.

Ilustrasi wanita minum air putih.

Penyakit Ginjal Kini Serang Usia 20 Tahun, Kok Bisa?

Tidak sedikit dari masyarakat kita berasumsi bahwa salah satu cara untuk mencegah terjadinya gagal ginjal adalah dengan banyak minum air. Apakah benar demikian?

"Segala sesuatu yang berlebihan itu kurang baik. Masyarakat bisa mengonsumsi air putih harus pas tidak kurang dan tidak lebih," ungkap Ketua Divisi Alergi Imunologi, Departemen Ilmu Penyakit Dalam FKUI-RSCM, Dr. dr. Iris Rengganis, Sp.PD-KAI, saat ditemui di Jakarta Pusat, Rabu, 7 Maret 2018.

Manfaat Luar Biasa Konsumsi Air Putih yang Sering Diabaikan

Konsumsi air yang berlebih kata dia, malah bisa mengganggu elektrolit dalam tubuh dan hal tersebut dapat mengakibatkan terjadinya pembengkakan pada sel-sel tubuh. Oleh karena itu porsi yang tepat dengan mengonsumsi air putih 2 liter atau delapan gelas per hari.

Dia juga menjelaskan bukan hanya dengan mengonsumsi air mineral saja, gagal ginjal bisa dicegah dengan pola hidup sehat seperti olahraga teratur, menghindari rokok, serta mengonsumsi makanan sehat.

Ilustrasi penyakit ginjal/sakit pinggang.

Ancaman Tersembunyi: Penyakit Ginjal Diprediksi Masuk 5 Besar Penyebab Kematian Global di 2045!

peningkatan kasus penyakit ginjal ini bisa meningkat lantaran beberapa faktor, salah satunya adalah gaya hidup yang bisa membuat fungsi ginjal menurun. 

img_title
VIVA.co.id
15 Maret 2024