Manfaat Luar Biasa Konsumsi Air Putih yang Sering Diabaikan

Ilustrasi air putih.
Sumber :
  • Pixabay

JAKARTA – Mendapatkan cukup air putih setiap hari penting untuk kesehatan Anda. Minum air putih dapat mencegah dehidrasi, suatu kondisi yang dapat menyebabkan pikiran tidak jelas, mengakibatkan perubahan suasana hati, menyebabkan tubuh kepanasan, dan menyebabkan sembelit dan batu ginjal. Air putih tidak memiliki kalori, sehingga juga dapat membantu mengatur berat badan dan mengurangi asupan kalori bila diganti dengan minuman berkalori, seperti teh manis atau soda biasa.

Bisa Picu Kanker, Ini Biang Kerok Penyebab Tingginya Kadar Bromat dalam Air Minum Kemasan

Dikutip dari laman CDC yuk simak keajaiban air putih lainnya untuk kesehatan!

Air membantu tubuh pertahankan suhu normal, sebagai peumas dan bantalan sendi. Selain itu, air juga bermanfaat meindungi sumsum tulang belakang dan jaringan sensitif lainnya. Manfaat lainnya lagi, air bermanfaat untuk membuang kotoran dari dalam tubuh melalui buang air kecil, keringat, dan buang air besar.

6 Tips Jaga Stamina Saat Puasa Ramadhan, Jangan Sungkan untuk Olahraga Ringan

Tubuh membutuhkan lebih banyak air ketika kita berada di iklim panas, memiliki aktivitas yang sibuk secara fisik. Tak cuma itu, saat demam tubuh juga membutuhkan lebih banyak asupan air, termasuk juga saat diare dan muntah. 

Jangan Asal Makan Minum, Ustaz Hilman Fauzi Ungkap Ada 4 Adab dalam Berbuka Puasa

Setiap orang sebaiknya mengonsumsi air dari makanan dan minuman setiap hari. Meskipun tidak ada rekomendasi berapa banyak air putih yang harus diminum setiap orang setiap hari, ada rekomendasi berapa banyak total asupan air harian yang harus berasal dari berbagai minuman dan makanan.

Total asupan air (cairan) harian didefinisikan sebagai jumlah air yang dikonsumsi dari makanan, air minum biasa, dan minuman lainnya. Rekomendasi asupan air harian bervariasi berdasarkan usia, jenis kelamin, status kehamilan, dan status menyusui. 

Sebagian besar kebutuhan cairan dipenuhi melalui air dan minuman lain yang Anda minum. Anda bisa mendapatkan cairan melalui makanan yang Anda makan—terutama makanan dengan kandungan air yang tinggi, seperti banyak buah dan sayuran. Minum air putih adalah salah satu cara yang baik untuk mendapatkan cairan karena tidak mengandung kalori.

Ilustrasi minum air

Photo :
  • Istimewa

Tips Minum Lebih Banyak Air

1. Minuman manis berkontribusi terhadap penyakit jantung diabetes tipe 2 dan obesitas. Pikirkan kembali minuman yang akan Anda konsumsi.

2. Bawalah botol air dan isi ulang sepanjang hari
3. Bekukan beberapa botol air yang aman di freezer. Bawalah satu untuk minum air dingin sepanjang hari
4. Pilih air putih daripada minuman manis
5. Pilihlah air putih saat makan di luar. Anda akan menghemat uang dan mengurangi kalori.
6. Selalu sajikan air putih di meja saat makan
7. Tambahkan irisan jeruk nipis atau lemon ke dalam air putih. Ini bisa membantu meningkatkan rasanya.
8. Pastikan anak Anda juga mendapat cukup air. Pelajari lebih lanjut tentang air minum di sekolah dan tempat perawatan dan pendidikan dini [PDF-3.68MB].
Pilihan Minuman yang Lebih Sehat
Tentu saja, ada banyak pilihan minuman lain selain air putih, dan banyak di antaranya yang bisa menjadi bagian dari pola makan sehat.

Minuman rendah atau tanpa kalori

Kopi atau teh biasa, air soda, seltzer, dan air beraroma, merupakan pilihan rendah kalori yang dapat menjadi bagian dari pola makan sehat.

Minuman rendah kalori 

Susu rendah lemak atau bebas lemak; alternatif susu tanpa pemanis atau jus buah atau sayur 100 persen mengandung nutrisi penting seperti kalsium, potasium, atau vitamin D. Minuman tersebut sebaiknya dinikmati dalam batas kalori yang dianjurkan.

Seperti diketahui, 2024 telah tiba! Tahun 2023 sudah berlalu, dan saatnya untuk refleksi diri dan menyiapkan resolusi di 2024. Resolusi dijadikan sebagai perbaikan dari hal-hal buruk yang telah terjadi di tahun sebelumnya, agar bisa melalui tahun baru dengan lebih baik lagi. 

Salah satu contoh resolusi yang bisa dilakukan oleh siapapun adalah mejalani gaya hidup yang lebih sehat. Semudah dengan mengatur pola makan yang baik, istirahat yang cukup, dan tidak lupa untuk minum air yang cukup dan baik untuk tubuh.

Beberapa waktu lalu, di momen malam pergantian tahun, Pristine8.6+ turut berbagi kebaikan kepada puluhan ribu orang di bundaran HI pada momen malam tahun baru 2024 bersamaan dengan pertunjukan World Class New Year’s Eve Pertama di Indonesia dari Kirana Jakarta. Ini adalah salah satu bentuk dukungan produk air mineral kemasan tersebut mengajak masyarakat untuk memulai gaya hidup lebih sehat. 

Acara ini sukses digelar pada malam tahun baru, Minggu 31 Desember 2023 mulai pukul 20.00 WIB hingga perayaan hitung mundur tengah malam dalam acara Malam Muda Mudi oleh Pemprov DKI. Aktivitas ini juga mencakup delapan segmen, termasuk Gemilang Silang Monas, Jakarnaval, Panggung Utama di Bundaran HI, Kirana Jakarta by City Vision, dan Panggung Hiburan di Jl. Thamrin dan Jl. Sudirman.

Dalam perhelatan kali ini, ada pertunjukan light show dengan sentuhan kelas dunia yang menampilkan sebanyak 500 drone, efek water mist dengan 4 layar yang terbuat dari air, dan 3D video mapping yang ditayangkan pada gedung The Plaza, menciptakan pengalaman awal tahun yang tak terlupakan

“Untuk menyambut tahun baru 2024, Pristine8.6+ senang dan bangga bisa ikut berpartisipasi pada perayaan Tahun Baru yang spektakuler bersama City Vision yang berlokasi di pusat area Jakarta yaitu Bundaran HI dengan membagikan produk kepada puluhan ribu orang. Hal ini adalah bentuk dukungan kami untuk mengingatkan masyarakat untuk dapat atau terus hidup lebih sehat.” Kutip Merliana, Head of Marketing Pristine8.6+.

Minum air yang baik secukupnya merupakan salah satu hal penting untuk menjaga gaya hidup yang lebih sehat dan dapat membantu #Seimbangkantubuhmu untuk tubuh lebih sehat dengan tiga kebaikan yaitu, kadar pH stabil diatas pH 8.6, diproses dengan teknologi ionisasi No. 1 Jepang dari Nihon Trim, dan menghasilkan mikromolekul yang cepat diserap tubuh.
 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya