Jangan Asal Makan Minum, Ustaz Hilman Fauzi Ungkap Ada 4 Adab dalam Berbuka Puasa

Ustaz Hilman Fauzi.
Sumber :
  • Instagram @ahilmanfauzi

VIVA Lifestyle – Pemuka Agama Ustaz Hilman Fauzi Nugraha menjelaskan empat adab dalam berbuka puasa bagi umat muslim. Salah satunya adalah dengan mengonsumsi air yang 100 persen murni agar cairan tubuh dapat kembali terpenuhi usai melaksanakan puasa.

Esports: PUBG Mobile Sukses Gelar Turnamen Komunitas hingga Influencer selama Ramadhan

"Ada 4 adab yang bisa kita hadirkan ketika berbuka puasa. Pertama menyegerakan berbuka ketika waktunya sudah tiba," kata Ustaz Hilman Fauzi Nugraha dalam unggahan media sosial, dikutip Jumat 22 Maret 2024. Scroll untuk info lengkapnya, yuk!

Dia melanjutkan, adab kedua adalah dengan berdoa atau membaca basmalah sebelum berbuka puasa dengan makan dan minum. Ketiga, yaitu menghadirkan doa terbaik ketika hendak berbuka puasa.

Jokowi Beri Tugas Baru ke Luhut Urus Sumber Daya Air Nasional

"Sungguh di antara doa yang sangat mustajab adalah doa orang yang sedang berbuka berpuasa," kata Ustaz Hilman lantas mengutip hadis riwayat Tirmidzi, Ibnu Majah dan Ahmad.

Ilustrasi minum air/air putih.

Photo :
  • Pexels/Karolina Gabrowska
5 Tips Ampuh untuk Hilangkan Lemak Perut yang Bikin Susah Gerak

Adab keempat adalah berbuka dengan yang manis atau meminum air putih. Dia menjelaskan, sebagaimana Rasulullah Muhammad SAW berbuka dengan kurma basah. Apabila tidak ada, maka berbuka dengan kurma kering.

Dia melanjutkan, apabila tidak menemukan kurma kering maka Rasul berbuka cukup dengan air putih. Menurutnya, berbuka dengan yang manis memang sedap namun yang paling penting adalah mengembalikan cairan tubuh dengan air yang 100 persen murni.

Meminum air mineral murni tanpa rasa manis atau apapun dapat meningkatkan kesehatan tulang dan otot. Selain itu juga bisa membantu menurunkan tekanan darah menyusul kandungan kalsium dan magnesium di dalamnya.

Mengonsumsi air murni tanpa rasa apapun juga dapat menjaga kesehatan jantung. Kandungan magnesium juga dapat membantu mengatasi sembelit karena dapat menarik air ke dalam rongga usus sehingga membuat tinja lebih lunak. Kandungan zat besi pada air mineral juga dapat mencegah anemia. 

Sebabnya, memilih air mineral dengan sumber, proses, kualitas serta kandungan yang sudah teruji dan terpercaya menjadi hal penting. Mengonsumsi air tercemar dan memiliki rasa dapat menyebabkan gangguan kesehatan akut dan kronis.

Salah satu air murni terdapat pada Aqua yang bersumber dari mata air pegunungan vulkanik di lapisan bumi paling dalam yang terlindungi sehingga jauh dari kontaminasi aktivitas manusia. Pemilihan sumber air juga melalui 1 tahun penelitian oleh para pakar geologi, hidrogeologi hingga geofisika.

Pemilihan sumber air pegunungan juga didukung oleh laboratorium berteknologi tinggi di Eropa. Kemurnian AMDK tersebut lantaran tidak ada penambahan bahan apapun dan hanya melalui proses penyaringan untuk menghindari kontaminasi berbahaya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya