Sahur Cuma Minum Air Putih Boleh Gak Ya? Begini Kata Ustaz Alfie Alfandy

Ustaz Alfie Alfandy.
Sumber :
  • VIVA/Sumiyati.

JAKARTA – Makan sahur sangat dianjurkan untuk dilakukan sebelum menjalani puasa Ramadhan. Hal ini dilakukan agar tubuh mendapatkan asupan energi yang cukup, sehingga bisa kuat puasa seharian. 

Esports: PUBG Mobile Sukses Gelar Turnamen Komunitas hingga Influencer selama Ramadhan

Makan sahur umumnya dilakukan mulai pukul 03.00 pagi hingga menjelang azan Subuh. Namun, mengakhirkan makan sahur lebih diutamakan ketimbang makan di awal waktu. Yuk, scroll untuk info selengkapnya.

Tapi, karena satu dan lain hal ada beberapa orang yang enggan makan sahur. Entah karena malas, mengantuk, kebablasan tidak terbangun saat jam sahur, atau karena alasan lainnya. 

5 Tips Ampuh untuk Hilangkan Lemak Perut yang Bikin Susah Gerak

Namun, ada juga yang memutuskan untuk sahur hanya dengan mengonsumsi air putih saja. Apakah hal ini diperbolehkan? 

Ilustrasi minum air/air putih.

Photo :
  • Pexels/Karolina Gabrowska
Ninja Xpress: Pengiriman Paket Melonjak 20 Persen saat Ramadhan 2024

Ustaz Alfie Alfandy turut menjawab pertanyaan tersebut. Menurutnya, sahur hanya dengan minum air putih sah-sah saja.

“Boleh (sahur hanya minum air putih). Tapi sahurnya jangan jam 7,” canda dia saat ditemui di Masjid Istiqlal Jakarta, baru-baru ini.

Pendakwah tersebut mengungkap, apa pun alasannya, sahur hanya dengan minum air putih diperbolehkan. Asal, dia paham betul dengan kondisi tubuh dan kesehatannya.

“Karena yang namanya sahur, kata Rasulullah diawali sahur diakhiri buka. Kalau misalnya sahurnya air putih doank boleh gak? Boleh. Tapi yakinkan dirimu ada masalah gak dengan kesehatannya. Ada masalah gak dengan tubuhnya,” jelasnya.

Pun jika alasannya untuk diet, kata Ustaz Alfie, hal itu tetap diperbolehkan asal tidak berdampak pada kesehatan orang yang bersangkutan.

“Kalau misalnya gue niatnya niat diet nih, boleh gak? Boleh tapi asal aman. Jangan sampai nilai ibadah tersebut menjadikan sebab sakitnya kita, sementara puasa itu mengantarkan kita kepada kesehatan,” pungkas Ustaz Alfie Alfandy.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya