Alami Diabetes hingga Kehilangan Satu Kaki, Suty Karno Sempat Tidak Suka Minum Air Putih

Suty Karno
Sumber :
  • IG @sutykarno

VIVA Showbiz – Aktris Suty Karno diketahui harus kehilangan salah satu kakinya setelah diamputasi karena mengidap sakit diabetes. Saat hadir menjadi bintang tamu dalam konten YouTube Melaney Ricardo, Suty bercerita mengenai sakitnya itu.

783 Juta Orang Akan Menderita Diabetes Tahun 2045

Sakit diabetes yang diidap Suty bukan karena turunan, sakit itu timbul lantaran asupan makanan dan minuman yang tidak dijaga dan gaya hidup tidak sehat di masa lalu. Terlebih, saat muda dulu, Suty mengaku tidak mengonsumsi air putih. Scroll lebih lanjut.

"Jadi mba Suti ini diabet?" tanya Melaney dalam konten YouTube itu dikutip VIVA, Jumat, 22 Maret 2024.

Ada Konflik di Timur Tengah, Bos BI Pede Ekonomi RI Tetap Kuat

"Iya. Diabet bukannya turunan. Karena pola makan, gaya hidup lah ibaratnya kan. Jadi jamannya muda itu saya tidak mengonsumsi air putih, saya mengonsumsi soft drink kayak segala macam soft drink lah gak perlu disebutin satu persatu," jawab Suty Karno.

Kolesterol Hingga Diabetes Bermunculan Usai Lebaran? Dokter Ungkap Penyebab dan Cara Atasinya

"Hidup malam, ngelayap istilahnya. Jadi ibaratnya alkohol juga istilahnya kita gak munafik lah kan istilahnya kan kayak gitu. Aku tuh karena itu (jadi diabetes). Bukan (bukan karena turunan). Gua kalau di cafe itu gak suka bergerak, pesen minuman, pesen makanan, jadi makan minum aja," tambah Suty.

Lebih lanjut, saat berada di lokasi syuting dahulu, wanita kelahiran Jakarta itu juga mengaku lebih suka minum minuman manis dan bersoda. Ia sama sekali tidak minum air putih. Suty Karno mengaku tidak suka minum air putih.

Suty Karno, Koh Ahong, Mandra dan Maudy Koesnaedi.

Photo :
  • Instagram @maudykoesnaedi.

"Ya sebetulnya sama sih makanan (di lokasi syuting), cuma kan aku suka ya itu kayak teh manis, kemasan botol kemasan kotak, pokoknya yang begitu-begitu lah soda-soda, pakai susu, kan enak tuh kalau siang-siang terik matahari mantap kan," kata Suty.

"Itu kan gak sekali Mel, coba kalau sehari tiga kali aja kita minum, tiga gelas. Gak pernah air putih lho, sama sekali aku gak suka yang namanya air putih. Gak suka air putih," tambahnya.

Setelah terserang sakit diabetes, Suti merubah total gaya hidupnya menjadi jauh lebih sehat. Ia meninggalkan kebiasaan buruk di masa lalu. 

"Sejak aku sakit diabet ya berhenti. Alhamdulillah aku bisa berhenti total, begitu pula dengan merokok, aku berhenti total," ucap Suti Karno.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya