Tak Suka Air Putih? Ahli Beberkan Minuman Alternatif yang Bisa Gantikan Hidrasi Tubuh

Minum air putih.
Sumber :
  • Times of India

Jakarta – Air direkomendasikan sebagai minuman paling sehat, tapi di beberapa kasus, ada sebagian orang yang tidak menyukai air putih

Jokowi Beri Tugas Baru ke Luhut Urus Sumber Daya Air Nasional

Nah, ternyata ada beberapa alternatif yang bisa dikonsumsi bagi para "pembenci" air putih.

Jordan Mazur, ahli diet olahraga profesional dan penasihat nutrisi untuk perusahaan minuman Hint Water yang berbasis di San Francisco, memberi beberapa alternatif yang lebih cocok untuk orang yang tidak suka air putih. 

Kabar Gembira Ini untuk Penggemar BTS dan Kopi

"Air putih tidak diragukan lagi merupakan pilihan terbaik untuk hidrasi, namun ada alternatif lain yang mungkin bisa dicoba dan juga sehat,” katanya, melansir New York Post Health, Kamis, 29 Februari 2024. 

Ilustrasi teh panas

Photo :
  • Pexels
5 Manfaat Menakjubkan Mengonsumsi Air Kelapa Setiap Hari, Bisa Jaga Kesehatan Jantung

Berikut beberapa minuman pengganti air:

Teh herbal, terutama yang tanpa kafein, dapat berkontribusi terhadap asupan cairan harian. 

Air kelapa juga merupakan pilihan yang bagus lainnya karena kandungan elektrolitnya, yang bermanfaat untuk rehidrasi, menurut Mazur, ahli diet olahraga untuk San Francisco 49ers.

Infused water atau air infuse juga bisa menjadi alternatif. "Jika menurut Anda air terkadang membosankan, cobalah memasukkan air dengan menambahkan irisan buah seperti mentimun, lemon, atau beri untuk meningkatkan rasanya dan menambah sedikit vitamin,” saran Mazur.

Ada juga alternatif minuman siap saji yang menambahkan rasa alami pada air tanpa tambahan kalori atau pemanis buatan, katanya. 

Alternatif yang harus dihindari 

Alkohol dan minuman manis, termasuk soda dan jus buah dengan tambahan gula, bukanlah alternatif ideal selain untuk air putih, jelas Mazur memperingatkan.

"Meskipun berkontribusi terhadap asupan cairan, kandungan gula yang tinggi dapat berdampak buruk bagi kesehatan, termasuk penambahan berat badan dan peningkatan risiko gangguan metabolisme,” jelasnya.

Ilustrasi minum air/air putih.

Photo :
  • Pexels/Lisa Fotios

Minuman berkafein seperti kopi dan teh tertentu dapat memiliki efek diuretik, yang berpotensi menyebabkan peningkatan kehilangan cairan, tambah Mazur. 

Hidrasi yang tepat sangat penting untuk menjaga fungsi tubuh, kata Mazur. “Air memainkan peran penting dalam pencernaan, penyerapan nutrisi, pengaturan suhu dan pembuangan limbah,” katanya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya