Ingin Jadi Penggerak Utama Demokratisasi Digitalisasi di Indonesia

Transformasi digital.
Sumber :
  • Onalytica

VIVA Tekno – Saat ini, superkomputer kecerdasan buatan (AI supercomputer) menjadi infrastruktur penting. Hal tersebut dilirik Indosat Ooredoo Hutchison (IOH) untuk memanfaatkan data center atau pusat data mereka untuk mewujudkan platform AI yang berdaulat dalam mendorong inovasi lintas ekosistem.

Indosat Tetap Tenang meski Ada Lonjakan

Beragam institusi, baik pemerintah, swasta, maupun startup akan dapat mengakses platform AI cloud yang canggih, termasuk infrastruktur, piranti, dan juga perangkat lunak.

Hal itu juga menjadi katalis inovasi untuk meningkatkan produktivitas, optimalisasi proses, serta menekankan efisiensi operasional lintas industri.

Bertemu Tony Blair, Menko Airlangga Bahas Inklusivitas Keuangan Hingga Stabilitas Geopolitik

Dengan kemampuan AI dalam ekosistem cloud, maka IOH diharapkan menjadi penggerak pertumbuhan ekonomi digital Indonesia, serta menghadirkan landasan yang kokoh bagi sektor digital yang terus berkembang.

Penerapan teknologi AI ini pun diharapkan dapat meningkatkan produktivitas sembari mengurangi biaya operasional lintas industri.

Indosat Siap Bantu Pemerintah Ciptakan 1 Juta Talenta Digital

Atas dasar itulah, Indosat Ooredoo Hutchison berkolaborasi dengan NVidia dalam membentuk lanskap teknologi dan mendorong Indonesia ke barisan terdepan revolusi AI pada skala global untuk memasuki tahapan baru era inovasi dan digitalisasi.

Kolaborasi ini dilakukan di sela-sela ajang Mobile World Congress atau MWC, Barcelona, Spanyol pada 26-29 Februari 2024.

Dengan menjadi NVidia Cloud Provider Partner pertama di Indonesia, IOH, melalui anak usahanya, Lintasarta, akan menghadirkan platform AI full-stack NVidia untuk pelaku bisnis di Tanah Air.

Selain itu memberikan akses ke teknologi GPU termutakhir dari NVidia dengan data center high-density yang terkoneksi dengan internet publik dengan kecepatan hingga 400 Gbps.

Nantinya, layanan AI Cloud milik Indosat Ooredoo Hutchison dan Lintasarta yang didukung oleh NVidia akan mengembangkan pusat data generasi baru yang berkelanjutan, hyper-connected dan dilengkapi kecerdasan buatan.

GPU-as-a-Service (Deka GPU) milik Lintasarta menyediakan akses ke kemampuan AI/machine learning paling mumpuni yang didesain khusus untuk pekerjaan komputasi berat, termasuk penyediaan infrastruktur, platform, dan layanan bare metal.

Kapabilitas ini akan memastikan layanan superkomputer kecerdasan buatan yang andal untuk menciptakan inovasi bagi pengguna.

Direktur Utama dan Kepala Eksekutif Indosat Ooredoo Hutchison Vikram Sinha mengatakan jika kolaborasi dengan NVidia menandai momentum penting bagi perjalanan Indonesia menuju bangsa digital global yang didukung oleh kemampuan AI.

Teknologi ini, kata dia, nantinya akan diimplementasikan pada pusat data yang diidioperasikan oleh BDx Indonesia – perusahaan patungan Indosat Ooredoo Hutchison, Lintasarta, dan BDx Data Centers.

"Kami bercita-cita menjadi salah satu penggerak utama dari demokratisasi digitalisasi di Tanah Air. Kolaborasi dengan NVidia akan memudahkan kami memainkan peranan krusial dalam mencapai visi tersebut," kata Vikram, Kamis, 29 Februari 2024.

Pada kesempatan yang sama, Senior Vice President of Telecom NVidia Ronnie Vasishta mengaku jika IOH sedang memperluas peranannya di Indonesia untuk menyediakan infrastruktur AI yang penting dan berdaulat.

"Kemitraan strategis ini menawarkan layanan AI Cloud yang berskala dan berkinerja tinggi mengikuti arsitektur sesuai referensi (standar) kami untuk membantu mendorong Indonesia ke garis depan komunitas AI cloud global," ungkapnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya