Pusat Komando Diaktifkan, 2 Ribu Petugas Dikerahkan

Pusat Komando (Command Center) Indosat Ooredoo Hutchison/IOH.
Sumber :
  • Dok. Indosat Ooredoo Hutchison

VIVA Tekno – Indosat Ooredoo Hutchison (IOH) memprediksi mobilitas arus mudik pada Hari Raya Idul Fitri 1 Syawal 1445 Hijriah mencapai 71,7 persen dari total penduduk Indonesia.

Mengenal Tradisi Hantaran di Indonesia, Simbol Rasa Syukur dan Kasih Sayang

Pergerakan massa tersebut diproyeksikan juga akan turut meningkatkan trafik data Indosat sebesar 17 persen dibandingkan dengan rata-rata trafik harian di sepanjang 2024.

Berdasarkan tren tahun sebelumnya, lonjakan trafik data terbesar terjadi di wilayah Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Kalimantan Selatan, Sulawesi Selatan, dan Lampung.

Gasak Harta Majikan Saat Mudik Lebaran, Pria di Tangerang Ditangkap Polisi

Lonjakan trafik data tersebut didorong oleh peningkatan aktivitas digital masyarakat, mulai dari penggunaan media sosial dan aplikasi pesan singkat seperti TikTok, WhatsApp, YouTube, Facebook, dan Instagram, hingga game online seperti Mobile Legends, Free Fire, Roblox, PUBG, dan Genshin Impact.

Untuk mengantisipasi lonjakan trafik data tersebut, IOH meningkatkan kapasitas jaringannya sekitar 32 persen lebih besar dibandingkan dengan rata-rata kapasitas harian.

Musim Mudik Lebaran 2024, TPI Imigrasi Soetta Catat Pergerakan Penumpang Naik 10 Persen

Selain itu, kepadatan lalu lintas data pada puncak momentum Lebaran juga diantisipasi dengan penambahan 2.145 sites baru dan 38 mobile BTS (MBTS).

Direktur Utama dan Kepala Eksekutif Indosat Ooredoo Hutchison Vikram Sinha.

Photo :
  • VIVA/Lazuardhi Utama

Direktur Utama dan Kepala Eksekutif Indosat Ooredoo Hutchison Vikram Sinha.

Photo :
Penambahan ini juga didukung oleh jaringan fiber optik sepanjang lebih dari 51 ribu km dan lebih dari 224 ribu km akses metro fiber optik untuk memperkuat sinyal di lokasi prioritas.

Indosat Ooredoo Hutchison juga melakukan optimalisasi jaringan di sepuluh jalur kereta, 26 jalan tol yang meliputi Trans Jawa, Trans Kalimantan, dan 28 jalan non-tol seperti Banjarmasin-Martapura dan Merak-Carita.

Lebih lanjut, Indosat juga melakukan optimalisasi jaringan di 531 titik dan 64 jalur prioritas seperti destinasi wisata, pusat perbelanjaan, alun-alun, masjid, rest area, bandara, terminal, pelabuhan dan stasiun.

Tidak hanya itu, IOH juga memastikan kesiapan tim dengan mengaktifkan Pusat Komando atau Command Center 24/7 sejak 7 hingga 13 April 2024, serta Indosat Ooredoo Hutchison Service Operation (ISOC) yang diperkuat oleh sistem berbasis Artificial Intelligence/Machine Learning (AI/ML) dan otomatisasi.

"Kesigapan lebih dari dua ribu petugas teknis kami di lapangan serta tim Indosat Ooredoo Hutchison Network Operation Center (INOC) yang bekerja 24 jam untuk memastikan pelanggan dapat berkomunikasi dengan tenang di mana pun dan kapan pun," kata Direktur Utama dan Kepala Eksekutif Indosat Ooredoo Hutchison Vikram Sinha di Jakarta, Rabu malam, 3 April 2024.

Pelabuhan Merak Dipadati Pemudik Menuju Pelabuhan Bakuheni

Photo :
  • Yandi Deslatama (Serang)
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya