Gairah Seks Menurun Saat Lansia Ternyata Hanya Mitos

Ilustrasi pasangan lansia
Sumber :
  • Pixabay/pexels

VIVA – Banyak mitos yang hadir seiring bertambahnya usia seseorang. Usia yang semakin lanjut dikaitkan dengan menurunnya gairah seksual.

Wanita Lansia di Jaksel Ngaku Diperkosa Handphone, Diduga Halusinasi

Dilansir dari laman Reader's Digest, impoten dan menurunnya libido seseorang biasanya dikaitkan dengan kondisi medis seperti tekanan darah tinggi, penyakit jantung, diabetes, dan depresi. Sementara, untuk usia lanjut, ternyata tidak begitu berakibat pada penurunan gairah seksual.

Ilustrasi lansia

Dokter Ungkap Penyebab Tulang Jadi Keropos, Salah Satunya Jarang Aktivitas Fisik

Jadi, mitos yang beredar tersebut adalah hal yang tidak benar. Faktanya, solusi untuk tetap bergairah di usia lanjut yaitu menjaga diri Anda dengan bentuk tubuh yang sehat. Rutin melakukan weight lifting dalam seminggu, akan membentuk tubuh lebih bugar.

Survei pada mereka yang berusia 60 tahun dan hidup sendiri, menemukan bahwa 60 persennya memiliki pengalaman fisik dan seksual secara rutin seperti berciuman, menggenggam tangan, dan berpelukan. Meski begitu, gairah seksual memang akan menurun di saat usia mencapai 75 tahun.

Viral Detik-detik Lansia di Makassar Meninggal Dunia Usai Ikuti Lomba Tadarus Al Quran

Namun, penurunan gairah seksual itu hanya sedikit dan tidak terlalu tampak. Intinya, untuk mencegah penurunan gairah seksual, berikan pengalaman yang berbeda dengan pasangan agar tidak merasa bosan. (mus)

Ilustrasi mayat

Detik-detik Lansia Tewas Tertimpa Atap Ambruk saat Tidur Pulas

Amsiah lansia berusia 75 tahun, warga Kecamatan Cilondong, Depok tewas usai tertimpa atap rumah yang ambruk.

img_title
VIVA.co.id
19 April 2024