Bagaimana Cara Makan Sehat Tapi Minim Bujet

ilustrasi makanan sehat.
Sumber :
  • Pixabay/Pexels

VIVA – Menjaga pola makan sehat tak melulu mahal. Nyatanya, dengan bujet minim, Anda masih tetap bisa mengonsumsi jenis-jenis makanan sehat dan rendah kalori.

Langkah Memulai Hidup Sehat, Hindari 6 Makanan Putih Ini

Tak dimungkiri, harga-harga makanan sehat seperti buah dan sayur cenderung mahal. Namun, dengan trik cerdas, Anda bisa memilih jenis makanan sehat tanpa harus merogoh kocek terlalu dalam, seperti dikutip dari laman Medical Daily, berikut ini:

1. Buat daftar belanja sehat

Kampanye Ajak Masyarakat Indonesia Lebih Sehat Lewat Diskusi Diet Hingga Olahraga

Terbilang sepele, namun efektif untuk mengontrol keuangan. Melalui daftar belanja, Anda bisa mulai mengelompokkan daftar nutrisi yang tepat dan seimbang seperti protein, vitamin, zat besi dan lainnya. Pastikan Anda benar-benar membeli apa yang sudah dituliskan di daftar belanja.

2. Pembelian banyak

Punya Tubuh Langsing, Ini Pola Makan Sehat Ketat Ala Victoria Beckham

Banyak makanan yang secara signifikan lebih murah saat dibeli dalam jumlah banyak atau grosir. Selama makanan tersebut tidak mengandung lemak dan gula, serta memiliki nutrisi yang memadai, pembelian makanan sehat dalam jumlah banyak mampu membuat kantong anti bolong.

3. Kurangi atau ganti daging merah

Daging merah.

Mengonsumsi daging merah dapat memberi dampak berbahaya untuk kesehatan. Maka, Anda bisa mulai eliminasi daging merah dari daftar belanja dan diganti dengan makanan lain seperti kacang, telur, sebagai sumber protein alternatif yang tentunya lebih sehat.

4. Ganti makanan olahan ke makanan super

Para peneliti membuktikan bahwa makanan olahan berkaitan dengan risiko kanker. Tak hanya itu, makanan olahan terbukti banyak memgandung lemak dan garam.

Disarankan untuk mengganti makanan olahan dengan makanan super sehat seperti bayam, kale, kacang panggang, sweet potatoes, dan gandum utuh. Namun, harga yang dibanderol memang cukup mahal. Nah, bagaimana dengan segenggam kacang rebus untuk camilan? Lebih sehat dan murah, bukan?

5. Buat ulang ide menu makanan

Salad.

Banyak bahan makanan dari salad, pasta, sayur mayur, dan sup yang sebenarnya dapat dijadikan sumber menu makanan lain. Usahakan tidak menggunakan semua bahan tersebut untuk digunakan ke menu makanan lain.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya