Telinga Sering Berdenging, Awas Kanker Nasofaring

Ilustrasi sakit tenggorokan.
Sumber :
  • Pixabay

VIVA – Ingatkah Anda tentang kabar menyedihkan tentang aktor tampan Korea, Kim Woo Bon yang didiagnosis mengidap kanker nasofaring beberapa waktu lalu?

Ini Jenis Kanker yang Paling Bisa Dicegah dan Disembuhkan

Bagi Anda yang belum tahu, kanker nasofaring adalah jenis kanker yang tumbuh di rongga belakang hidung dan belakang langit-langit rongga mulut. Penyebabnya belum diketahui dengan pasti, namun dikaitkan dengan adanya virus epstein bar.

Kanker nasofaring banyak diderita orang-orang ras mongoloid, yaitu penduduk China bagian selatan, Hong Kong, Thailand, Malaysia dan Indonesia, juga di daerah India. Ras kulit putih jarang ditemui terkena kanker jenis ini. Selain itu, kanker nasofaring juga merupakan jenis kanker yang diturunkan secara genetik.

Ternyata Asam Jawa Berkhasiat Atasi Sembelit Hingga Jerawat Bandel

Sampai saat ini belum jelas bagaimana mulai tumbuhnya kanker nasofaring. Namun, penyebaran kanker ini dapat berkembang ke bagian mata, telinga, kelenjar leher, dan otak. Sebaiknya yang beresiko tinggi terkena kanker nasofaring rajin memeriksakan diri ke dokter, terutama dokter THT. Risiko tinggi ini biasanya dimiliki oleh laki-laki atau adanya keluarga yang menderita kanker ini.

Kanker nasofaring memang terbilang sulit dideteksi, namun banyak informasi yang beredar di kalangan masyarakat tentang telinga berdenging yang menjadi salah satu gejalanya? Benarkah begitu?

VIDEO: Diet Sebabkan Kulit Kusam dan Rambut Rontok, Ini Penjelasannya

Yuk, sama-sama kita simak pembahasan mengenai kanker nasofaring di acara Ayo Hidup Sehat yang tayang di tvOne hari ini, Kamis, 3 Mei 2018 pukul 13.00 WIB bersama dr Syahrial MH, Sp.T.H.T.K.L(K).

Asam Jawa.

Tema lain yang akan dibahas yakni seputar asam jawa, sejenis buah yang masam rasanya dan biasa digunakan sebagai bumbu penambah cita rasa pada masakan atau diolah menjadi minuman yang menyegarkan.

Buah yang memiliki nama Tamarindus indica ini selain bermanfaat untuk masakan dan minuman, juga bermanfaat untuk kesehatan, salah satunya mengatasi demam, batuk, menjaga kesehatan jantung dan melancarkan pencernaan. Namun, banyak orang beranggapan, penderita diabetes dan ibu hamil dilarang mengonsumsinya.

Bersama narasumber dr Christoper Andrian, Mgizi, SpGK, dan dipandu oleh host dr Vito Damay, SpJP(K), M.Kes, FIHA, FICA dan dr Sheila Salsabila, BMedSc, Ayo Hidup Sehat juga akan mengupas tuntas soal mitos mengenai asam jawa.

Saksikan Ayo Hidup Sehat dengan streaming tvOne di sini. (ch)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya